Laporkan Masalah

Analisis Keunggulan Bersaing Unit Bisnis EPC PT Adhi Karya Melalui Pendekatan Berbasis Sumber Daya

MUHAMMAD ILHAM, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Engineering Procurement Construction (EPC) Adhi Karya merupakan unit bisnis perusahaan Adhi Karya (ADHI) yang diharapkan bisa menjadi penunjang kinerja perusahaan secara berkelanjutan. Agar mampu menjadi usaha bisnis yang berkelanjutan, EPC memerlukan analisis internal untuk memastikan keunggulan bersaing perusahaan agar dapat menangkap dengan baik peluang dan menetralisasi ancaman-ancaman dari lingkungan ekternal yang akan terjadi pada persaingan ke depan. Analisis ini diperlukan untuk menilai sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki dapat menjadi sumber keunggulan bersaing. Analisis lingkungan internal perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor penting pada sisi internal perusahaan yang meliputi sumber daya dan interaksi antara sumber daya dan aktivitas perusahaan yang merupakan bagian dari rantai nilai. Rantai nilai yang ada bisa menjadi suatu pelengkap sumber daya dan kapabilitas sebagai keunggulan kompetitif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas yang menjadi keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing berkelanjutan bagi EPC dalam persaingan industri EPC Nasional melalui rantai nilai dan 2) menganalisis peran sumber daya dan kapabilitas pada peningkatan kinerja EPC untuk mencapai keunggulan bersaing dengan menggunakan analisis VRIO. Metode penelian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada enam narasumber yang menjabat di unit bisnis EPC. Wawancara penelitian melalui dua tahapan yaitu 1) wawancara yang berhubungan dengan aktivitas rantai nilai EPC dan 2) mengetahui sumber daya atau kapabilitas yang dimiliki EPC yang mampu mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan atau tidak melalui pendekatan VRIO Framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya yang menjadi keunggulan bersaing berkelanjutan meliputi pemasaran dan proposal yaitu reputasi ADHI, dan brand ADHI, serta pengalaman dan kapabilitas organisasi EPC ADHI; engineering meliputi hasil dan kualitas rekrutmen SDM, dan kualitas unggul dalam perencanaan; konstruksi (produksi) yang meliputi pengalaman pengelolaan proyek; commissioning dan infrastruktur perusahaan meliputi kemampuan keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumber daya yang bisa dikategorikan sebagai keunggulan bersaing yaitu pemasaran dan proposal yaitu competitiveness prices sebagai cerminan koordinasi dalam pembuatan proposal; engineering yaitu pengelolaan lingkup kerja dan perencanaan tata letak pabrik, MTO & daftar peralatan; dan pengadaan yaitu pemilihan vendor/Sub-kontraktor melalui VAL/SAL & kemitraan dengan mitra (jaringan) dan e-Procurement.

Engineering Procurement Construction (EPC) Adhi Karya is a business unit of the Adhi Karya company (ADHI) that is expected to be able to support the company's performance in the long run. In order to be able to become a sustained business venture unit, EPC requires internal analysis to ensure the company's competitive advantage to be able to capture opportunities and neutralize threats from the external environment that will occur in the future competition. This analysis is needed to assess the resources and capabilities that can be a source of competitive advantage. The analysis of the company's internal environment can be done by analyzing important factors on the internal side of the company which include resources and interactions between resources and company activities that are part of the value chain. Existing value chains can be a complementary resource and capability to assess a company's competitive advantage. The purpose of this study is 1) to identify resources and capabilities that become the competitive advantages and sustained competitive advantage for EPC in the competition of the National EPC industry through the value chain and 2) to analyze the role of resources and capabilities in improving EPC performance to achieve competitive advantage by using VRIO analysis. This research method used a qualitative descriptive approach. Data collection was conducted by having an in-depth interview with six informants who are part of top management in EPC business unit. The research interview was done through two stages, namely 1) the interview related to EPC value chain activities and 2) analyzing the resources or capabilities of EPC that are able to achieve sustained competitive advantage through the VRIO Framework. The results of the study showed that the resources that become sustained competitive advantages include marketing and proposals, namely the reputation of ADHI, and ADHI brand, as well as the experience and capabilities of the EPC ADHI organization; engineering including the results and quality of HR recruitment, and superior quality in planning; production (construction) including project management experience; commissioning and infrastructure of the company includes financial capabilities. The result also showed that resources that can be categorized as temporary competitive advantages, namely marketing and proposals including competitiveness prices as a reflection of coordination in making proposals; engineering, including management of work scope and layout planning, MTO & Equipment List; and procurement including selection of vendors/subcontracts through VAL/SAL & partnerships with partners (networking) and e-Procurement.

Kata Kunci : Kata kunci: sumber daya, rantai nilai, keunggulan bersaing berkelanjutan, dan keunggulan bersaing

  1. S2-2019-408114-abstract.pdf  
  2. S2-2019-408114-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-408114-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-408114-title.pdf