Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT. X Dalam Menghadapi Persaingan Industri Asuransi Umum

Braga Siahaan, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA., Ak., CA.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Industri asuransi umum di Indonesia mengalami pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ini ditandai dengan pertumbuhan pendapatan premi asuransi umum di Indonesia. Berdasarkan data dari AAUI, premi bruto asuransi umum di Indonesia meningkat secara signifikan dalam 5 tahun terakhir. Pada tahun 2013, premi bruto asuransi umum di Indonesia sebesar 186,25 triliun rupiah sementara pada tahun 2017 premi bruto asuransi umum di Indonesia sudah mencapai 407,71 triliun rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat Indonesia akan asuransi juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai faktor internal dan eksternal PT. X dalam meningkatkan daya saing dalam industri asuransi umum di Indonesia serta untuk merumuskan sebuah strategi alternatif yang tepat untuk menghadapi persaingan di industri asuransi umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis eksternal dilakukan untuk mengetahui faktor peluang dan ancaman dengan menggunakan analisis PEST dan Porter's Five Forces. Analisis internal untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan dilakukan dengan menggunakan Resource-Based View yang dikombinasikan dengan kerangka VRIO dan value chain analysis. Perumusan strategi alternatif dilakukan dengan menggunakan matriks SWOT dan pemilihan prioritas strategi bagi perusahaan dilakukan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menggunakan QSPM menunjukkan bahwa prioritas strategi alternatif yang dipilih adalah strategi pengembangan pasar serta strategi alternatif yang layak dan sesuai untuk digunakan antara lain melakukan penambahan kantor cabang atau kantor operasional baru untuk menjangkau daerah yang potensial, melakukan perluasan pasar diluar grup usaha, serta melakukan akuisisi customer baru untuk pasar ritel.

The general insurance industry in Indonesia has experienced growth over the past few years. This growth was marked by the growth of general insurance premium income in Indonesia. Based on data from AAUI, gross insurance premiums in Indonesia have increased significantly in the last 5 years. In 2013, general insurance gross premiums in Indonesia amounted to 186.25 trillion rupiah while in 2017 gross insurance general premiums in Indonesia had reached 407.71 trillion rupiah. This shows that the needs of the Indonesian people for insurance also continue to increase from year to year. The main objective of this research is to provide an overview of internal and external factors of PT. X in increasing competitiveness in the general insurance industry in Indonesia and to formulate an appropriate alternative strategy to face competition in the general insurance industry. This research uses a qualitative descriptive method with the source of data obtained from interviews, observation, and documentation. In this research, external analysis was conducted to find out the opportunities and threats by using PEST analysis and Porter's Five Forces. Internal analysis to determine the company's strengths and weaknesses is done by using Resource-Based View combined with the VRIO framework and value chain analysis. The formulation of alternative strategies is carried out using the SWOT matrix and the selection of strategy priorities for the company is carried out by using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results of the research using QSPM indicate that the priority of alternative strategies chosen are market development strategies and alternative strategies that are feasible and appropriate to use, including adding new branch offices or operational offices to reach potential areas, expand markets outside the business group, and acquiring new customers for the retail market.

Kata Kunci : asuransi umum, strategi bersaing, analisis PEST, analisis Porter's five forces, resource-based view, VRIO framework, analisis value-chain, QSPM

  1. S2-2019-376105-abstract.pdf  
  2. S2-2019-376105-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-376105-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-376105-title.pdf