Laporkan Masalah

Pemetaan Strategik Perusahaan Teknologi Finansial Dalam Industri Keuangan Di Indonesia

Yulia Noor Sari, Hargo Utomo, M.B.A., M.Com., Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Seiring dengan perkembangan teknologi termasuk perubahan dalam bidang keuangan telah menyebabkan lahirnya inovasi layanan keuangan berbasis teknologi informasi yang biasa disebut dengan teknologi finansial (tekfin). Tekfin menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan finansial khususnya bagi masyarakat yang belum terjangkau oleh perbankan. Kemunculan berbagai jenis perusahaan tekfin di Indonesia memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial. Persaingan antar perusahaan tekfin yang semakin tajam juga meyebabkan masing-masing perusahaan tekfin dalam industri keuangan harus memiliki strategi kompetitif untuk memenangkan persaingan, Untuk itu, pemetaan kelompok strategik diperlukan untuk melihat posisi persaingan masing-masing perusahaan tekfin dalam industri keuangan di Indonesia dan mengembangkan strategi bagi perusahaan tekfin dalam menghadapi persaingan bisnis dalam industri keuangan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan melalui analisis pengamatan dimensi strategik kompetitf untuk membuat pemetaan kelompok strategik dan analisis struktur industri melalui analisis Lima Kekuatan Bersaing Porter yang akan menentukan strategi bersaing perusahaan tekfin dalam industri keuangan di Indonesia. Data – data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran daftar pertanyaan (kuesioner) untuk memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai perusahaan tekfin dalam industri keuangan di Indonesia. Studi kepustakaan juga dilakukan untuk menambah referensi dalam proses analisis. Berdasarkan hasil penelitian, identifikasi peta kelompok strategik dari perusahaan tekfin dalam industri keuangan di Indonesia menunjukkan adanya beberapa kesamaan karakteristik di antara perusahaan tekfin tersebut, yaitu spesialisasi dengan kesamaan segmentasi pasar, pemilihan strategi pemasaran, saluran distribusi, dan penerapan teknologi. Mayoritas bisnis tekfin berpusat pada perusahaan tekfin kategori pembayaran; dan kategori pinjaman, pembiayaan, dan penyediaan modal sehingga diperlukan penerapan strategi focused differentiation sebagai strategi bersaing perusahaan tekfin dalam industri keuangan di Indonesia.

Along with technological developments including changes in the financial sector has led to the birth of innovations in information technology-based financial services commonly referred to as financial technology (fintech). Fintech is one of the solutions to meet financial needs, especially for people who have not been reached by banks. The emergence of various types of fintech companies in Indonesia provides many choices for the community in meeting financial needs. The fierce competition between fintech companies also causes each of the fintech companies in the financial industry to have a competitive strategy to win the competition. For this reason, strategic group mapping is needed to see the competitive position of each of fintech companies in the financial industry and develop strategies for companies to face off the business competition in the financial industry in the future. This research was carried out through an analysis of the dimensions of competitive strategy to make strategic group mapping and analysis of industrial structure through Five Force’s Porter that will determine the competing strategy of fintech company in the financial industry in Indonesia. The data used in this study are derived from primary data obtained from the results of the distribution of questionnaires to get an overview or description of the fintech companies in the financial industry in Indonesia. Literature studies are also conducted to add references in the analysis process. Based on the results of the study, the identification of the strategic group mapping of the fintech companies in the financial industry in Indonesia shows that there are several characteristic similarities among these fintech companies, namely specialization with similarities in market segmentation, selection of marketing strategies, distribution channels, and application of technology. The majority of fintech business is centered on the payment-category fintech company; and the category of loans, financing, and provision of capital so that the strategy of focused differentiation is needed as a competitive strategy of fintech companies in the financial industry in Indonesia.

Kata Kunci : pemetaan kelompok strategik, dimensi strategik kompetitif, tekfin, Lima Kekuatan Bersaing Porter, focused differentiation

  1. S2-2019-376632-abstract.pdf  
  2. S2-2019-376632-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-376632-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-376632-title.pdf