Dukungan Otonomi Guru dan Prestasi Akademis Bahasa Inggris dengan Keterlibatan Aktif Siswa sebagai Mediator pada Siswa SMP
KUSUMAHATI GANDANINGRUM, Retno Suhapti, Dra., SU., MA., Psikolog
2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan otonomi guru terhadap prestasi akademis bahasa Inggris pada siswa SMP X yang dimediasi oleh keterlibatan aktif siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “dukungan otonomi guru berkontribusi secara positif terhadap prestasi akademis bahasa Inggris, di mana keterlibatan aktif siswa menjadi mediator di antara keduanyaâ€. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Learning Climate Questionaire- PAS dan Skala Keterlibatan Aktif Siswa. Nilai hasil Uji Coba 2 mata pelajaran bahasa Inggris digunakan untuk mengukur prestasi akademis bahasa Inggris. Partisipan penelitian merupakan 111 siswa SMP X. Analisis mediasi model sederhana dilakukan dengan menggunakan regresi OLS untuk menganalisisjalur langsung dan tidak langsung. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat peran positif yang signifikan antara dukungan otonomi guru terhadap prestasi akademis bahasa Inggris melalui mediator keterlibatan aktif siswa (b=0,1020; p<0,05). Hasil tersebut menandakan kecenderungan siswa dengan persepsi dukungan otonomi guru yang tinggi akan memiliki keterlibatan aktif pada pelajaran bahasa Inggris yang lebih tinggi dan pada akhirnya akan meningkatkan prestasi akademis bahasa Inggris.
This research aimed to examine the role of teacher autonomy support in academic achievement in English subject among students through the mediation of student engagement. It was hypothesized that teacher autonomy support positively contribute to academic achievement in English subject, and this contribution is mediated by student engagement. Learning Climate Questionnaire- PAS and student engagement scale have been used in this research. Second trial result score in English subject are used to measure academic achievement in English. Participants were 111 student. The simple mediation analysis is conducted with ordinary least square regression path analysis. From this study, we found the evidence that teacher autonomy support has a significant positive role on academic achievement in English subject through the mediation of student engagement (b=0,1020; p<0,05). These results indicate the tendency of students with perceptions of high teacher autonomy support to have higher engagement in English language learning and will ultimately improve English academic achievement.
Kata Kunci : dukungan otonomi guru, keterlibatan aktif siswa, prestasi akademis bahasa Ingris, siswa SMP.