Analisis Total Ekspor Indonesia ke 21 Negara Emerging Markets Tahun 2003 - 2015: Pendekatan Model Gravitasi
ANINDITA DYAH LAKSMITA, Tri Widodo, Prof., M.Ec.Dev., Ph.D.
2019 | Skripsi | ILMU EKONOMIPenelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi total ekspor Indonesia ke negara mitra dagang emerging market. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari 21 negara emerging markets dan data time series dari periode tahun 2003 hingga 2015. Data cross section negara-negara emerging markets adalah Brasil, Cile, Kolombia, Meksiko, Peru, Republik Cheska, Mesir, Yunani, Hungaria, Polandia, Rusia, Afrika Selatan, Turki, Uni Emirat Arab, Cina, India, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Filipina, dan Thailand. Metodologi penelitian ini dilakukan berdasarkan pada pendekatan model gravitasi dengan estimasi model random effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDB Indonesia, PDB negara mitra dagang, tingkat keterbukaan negara mitra dagang, dan perjanjian perdagangan bebas maupun regional secara positif dan statistik signifikan mempengaruhi total ekspor Indonesia. Jarak memiliki dampak negatif dan signifikan secara statistik terhadap total ekspor Indonesia. Populasi negara mitra dagang berpengaruh positif dan secara statistik tidak signifikan terhadap total ekspor Indonesia. Variabel dummy bahasa dan batas negara memiliki dampak negatif dan secara statistik tidak signifikan terhadap total ekspor Indonesia.
This study aims to analyze the factors that affect Indonesia's total exports to its emerging market trading partners. This research uses panel data of 21 emerging countries and time series data from 2003 to 2015. Cross section data of emerging markets are Brazil, Chile, Colombia, Mexico, Peru, Czech Republic, Egypt, Greece, Hungary, Poland, Russian Federation, South Africa, Turkey, United Arab Emirates, China, India, Republic of Korea, Malaysia, Pakistan, Philippines, and Thailand. This research's method is based on gravity model approach with random effects model estimation. The results show that Indonesia's gross domestic product, trading partner's gross domestic product, trading partner's openness rate, and regional or free trade agreement positively and statistically significant influencing Indonesia's total exports. Distance has a negative and statistically significant impact on Indonesia's total exports. Trading partner's population positively and statistically insignificant influences Indonesia's total exports. Dummy variables of languange and common border have negative and statistically insignificant effect on Indonesia's total exports.
Kata Kunci : model gravitasi, emerging markets, ekspor, data panel, model random effects