Laporkan Masalah

Efektifitas Label Pameran Sebagai Media Komunikasi Visual bagi Pengunjung di Museum Affandi

RIA AMALIA ROFANI, Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc.

2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Label pameran merupakan salah satu media komunikasi bagi pengunjung di Museum. Khususnya bagi pengunjung yang melakukan tur museum tanpa didampingi pemandu museum. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi terhadap label pameran agar label pameran dapat berfungsi dengan baik dan informatif bagi pengunjung yang datang. Label pameran yang baik dan informatif dapat membantu pengunjung untuk memahami konten pameran dengan mudah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui efektifitas labelling pameran di Museum Affandi sebagai media komunikasi bagi pengunjung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dinyatakan bahwa Penerapan teknik labelling di Museum Affandi belum memperhatikan standar teknik penulisan label pameran. Label pameran di Museum Affandi belum mampu menyampaikan informasi yang terdapat di beberapa koleksi pameran sehingga tidak terbentuk alur cerita pada pameran. Label pameran di Museum Affandi belum efektif sebagai media komunikasi visual bagi pengunjung.

The exhibition label is one of the communication media for visitors in the Museum. Especially for visitors who tour the museum without being accompanied by a museum guide. Therefore, it is necessary to evaluate the exhibition label so that the exhibition label can function well and be informative for visitors who come. A good and informative exhibition label can help visitors to understand exhibition content easily. Data collection methods in this study are interviews, observations, and documentation. The type of research used in this study is qualitative descriptive. The purpose of this study was to determine the effectiveness of exhibition label as communication media for visitors in Museum Affandi Yogyakarta. Based on the research that has been done, it could be stated that the application of labelling techniques at Museum Affandi has not paid attention to the standards of the provisions of the exhibition label. The exhibition label has not been able to convey information contained in several exhibition collection so the storyline is not formed at the exhibition. Exhibition labels have not been effective as a visual communication media for the visitors.

Kata Kunci : Efektifitas, Museum, Label Pameran, Komunikasi, Museum Affandi

  1. D3-2019-386152-abstract.pdf  
  2. D3-2019-386152-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-386152-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-386152-title.pdf