Laporkan Masalah

Familiarization Trip Sebagai Program Promosi Kementerian Pariwisata Untuk Menarik Minat Wisatawan Azerbaijan

ESHA MINATI, Carlos Iban, S.S., M.Sc

2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia selalu memiliki target kunjungan wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Untuk memenuhi target tersebut, Kementerian Pariwisata memiliki beberapa program untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Familiarization Trip merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia. Diantara negara-negara yang pernah diundang untuk melakukan Familiarization Trip terdapat satu negara yaitu Azerbaijan. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini mengangkat penelitian mengenai Familiarization Trip sebagai program promosi Kementerian Pariwisata untuk menarik minat wisatawan Azerbaijan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada pihak terkait di Kementerian Pariwisata, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kendala dalam proses kegiatan Familiarization Trip media Azerbaijan. Meskipun kendala yang terjadi dapat diselesaikan dengan cepat namun, kendala tersebut berdampak kepada seluruh itinerary yang sudah ditetapkan dan hasil ulasan yang dipublikasikan oleh jurnalis media Azerbaijan.

Ministry of Tourism Republic of Indonesia has always a target for the number of foreign tourists that come to Indonesia. To meet these targets, the Ministry of Tourism has several program to promote the Indonesian tourism. Familiarization Trip is one of the promotional activities to introduce the Indonesian tourism. Among the countries that were invited to do the Familiarization Trip, there is one country called Azerbaijan. Therefore this final project discuss about Familiarization Trip as the promotional activities held by Ministry of Tourism to attract Azerbaijanis tourists. Method that is used in this final project is a descriptive qualitative research with participant observation, interview, and documentation as the data collection techniques. The types of data that is used are primary data and secondary data. Primary data collected through participant observation and an in-depth interview meanwhile the secondary data collected from books and other sources.Result of this research shows several obstacles in the process of Azerbaijan's media Familiarization Trip. Even though the obstacles can be resolved quickly, however these obstacles have an impact to all the itineraries and the news that are published by the Azerbaijan's journalists.

Kata Kunci : Promosi Pariwisata, Azerbaijan, Familiarization Trip, Kementerian Pariwisata.

  1. D3-2019-380481-abstract.pdf  
  2. D3-2019-380481-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-380481-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-380481-title.pdf