Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR- FAKTOR KEPUTUSAN INVESTASI CORPORATE VENTURE CAPITAL DAN FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN STARTUP STUDI PADA PT MANDIRI CAPITAL INDONESIA

FITRIA WIDYASWARA, Bapak Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) adalah Corporate Venture Capital (CVC) yang beroperasi di bawah naungan institusi finansial terbesar di Indonesia, Mandiri Grup. MCI merupakan mitra investasi bagi para startup di bidang fintech. Tujuan investasi pada startup adalah untuk memperoleh capital gain dan untuk tujuan stratejik yakni sinergi dengan Mandiri Grup. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor keputusan investasi MCI pada startup adalah lokasi geografis, kondisi pasar, iklim investasi negara, tahapan/timing investasi, modal intelektual, pendiri/tim manajemen, kerjasama dengan modal ventura lain, jenis produk, dan keterkaitan produk dengan bisnis grup perusahaan. MCI berupaya melakukan sinergi antara startup yang diinvest dengan Mandiri Grup sehingga bisnis startup dapat semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor keberhasilan startup (investee MCI) adalah (1) ketegori organisasi yang terdiri dari ukuran organisasi, usia organisasi, inovasi produk, lokasi, berkelompok dengan perusahaan sejenis dan mitra kerjasama (individu/organisasi) (2) kategori individu yang terdiri dari pengalaman terkait pemahaman industri tim pendiri startup, pengalaman bisnis startup sebelumnya tim pendiri startup, latar belakang akademik tim pendiri startup, kemampuan teknologi/bisnis tim pendiri startup, pengalaman penelitian dan pengembangan tim pendiri startup, pengalaman mengelola organisasi secara umum, memiliki karakteristik dan kepemimpinan, jenis kelamin pengusahan startup, usia pengusaha startup dan motivasi awal pengusaha startup (3) kategori eksternal yang terdiri dari dukungan pemerintah, venture capital, tingkat kompetensi, lingkungan yang dinamis (perubahan eksternal yang cepat) ketentuan aturan bersifat ilmiah dan teknologi. Nilai valuasi startup (investee MCI) diukur menggunakan formula Damodaran.A, dengan formula yang telah dimodifikasi menjadi Future Net Revenue x Present Value Factor x Multiple Net Revenue. Berdasarkan formula tersebut nilai valuasi startup A, startup B dan startup C adalah masing-masing Rp.84,01 Milyar, Rp 74,48 Milyar dan Rp. 13,43 Milyar.

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) is Corporate Venture Capital (CVC) that is subsidiary of the biggest financial institution in Indonesia, Mandiri Group. The objective of startup is to generate capital gain and to achieve strategic goal namely synergy with Mandiri Group. Based on research result, the investment decision factors of MCI on startup is geographic location, market condition, country circumstances, investment timing, intellectual capital, management team/founder, cooperation with other venture capital, nature of product, coherence of new startup product with existing group business. MCI strive to create synergy between MCI investee and Mandiri Group in order to increase startup business significantly. Based on the previous research, the key success factors of startup (investee MCI) is (1) organizational category that consists of organization size, organizational age, product innovation, location, clustering (2) individual category that consists of experience in the industry of the founding team, previous experience startup of the founding team, academic formation of the founding team, technological/ business capabilities of the founding team, experience in R&D of the founding team, experience in management of the entrepreneur, leadership of the entrepreneur, gender of the entrepreneur, age of the entrepreneur, initial motivation of the entrepreneur (3) external category that consists of government support, venture capital, level of competence, dynamism of the environment, science and technology policy. Valution value of startup (investee MCI) is calculated based on Damodaran.A, formulation that has modified to be Future Net Revenue x Present Value Factor x Multiple Net Revenue. Based on the formula, the valuation of startup A, startup B and startup C are Rp.84,01 billion, Rp 74,48 billion and Rp. 13,43 billion. Keywords: Corporate Venture Capital, Investment decision factors on startup, Key success factors of startup (investee MCI), Valuation.

Kata Kunci : Kata Kunci: Corporate Venture Capital, Faktor-Faktor Keputusan Investasi pada Startup, Faktor-Faktor Keberhasilan Startup (Investee MCI), Nilai Valuasi

  1. S2-2018-387261-abstract.pdf  
  2. S2-2018-387261-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-387261-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-387261-title.pdf