Laporkan Masalah

IMPLEMENTASI MANAJEMEN TALENTA DI BIRO KOMUNIKASI DAN LAYANAN INFORMASI SEKRETARIAT JENDERAL KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

ARI RAGIL KUNCORO, T. Hani Handoko, M.B.A., Ph.D.

2018 | Tesis | Magister Manajemen

Manajemen talenta berhubungan erat dengan pengelolaan sumber daya manusia, merupakan salah satu indikator berhasilnya sebuah organisasi. Pengelolaan talenta, dimulai dari perekrutan, pengembangan, hingga mempertahankan talenta sebagai individu yang akan berperan mengisi posisi penting di organisasi, tidak boleh keliru dijalankan karena akan mempengaruhi masa depan organisasi. Penelitian ini membahas efektifitas implementasi manajemen talenta di Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan yang bertajuk KLI’s Got Talent dan dimulai tahun 2017. Implementasi manajemen talenta dilaksanakan oleh administrator manajemen talenta setingkat biro yaitu Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi dan disposisi kepada Kepala Bagian Manajemen Sistem Informasi dan Edukasi Publik. Acuan yang digunakan adalah Peraturan Menteri Keuangan No. 60 Tahun 2016 tentang Rerangka Manajemen Talenta dalam lingkup Kementerian Keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan wawancara mendalam kepada 2 (dua) informan yang bertindak sebagai administrator manajemen talenta. Penentuan Individu sebagai informan dipilih berdasarkan prinsip-prinsip seperti mudah diakses, mau memberikan informasi, dan memiliki ciri khas dari isu yang sedang diteliti. Hasil data wawancara diolah dan dibahas secara deskriptif menggunakan pengkodean berupa Kode Inisial dan Kode Fokus, kemudian dibandingkan dengan rerangka manajemen talenta pada Peraturan Menteri Keuangan tentang Manajemen Talenta. Setelah dianalisis, didapatkan penjelasan bahwa implementasi manajemen talenta di Biro Komunikasi dan Layanan Informasi belum efektif, sehingga para administrator manajemen talenta disarankan untuk mengacu pada rerangka manajemen talenta yang terdapat pada Peraturan Menteri Keuangan. Diharapkan dengan penyesuaian pada rerangka manajemen talenta, aktivitas dalam mengelola talenta di masa mendatang akan lebih baik sehingga tidak menimbulkan kekeliruan dalam memilih calon pemimpin organisasi di masa depan.

Talent management as one indicator of the success of an organization is closely related to the management of human resources. Talent management begins with recruiting, developing, and retaining people as individuals who will play an important role in filling strategic position in the organization. Talent management should not be mistaken to be implemented because it will affect the future of the organization. This study discusses the effectiveness of the implementation of talent management at the Communication and Information Services Bureau of the Secretariat General of the Ministry of Finance, entitled KLI’s Got Talent and started in 2017. The implementation of talent management is carried out by the talent management administrator at the bureau level, namely the Head of the Communication and Information Services Bureau and delegated to the Head of the Information Systems and Public Education Management Division. The reference used is the Minister of Finance Regulation No. 60 of 2016 on Talent Management Framework within the Ministry of Finance. This research is a qualitative descriptive study using in-depth interviews to 2 (two) informants who acted as talent management administrators. Determination of individuals as informants is chosen based on principles such as being easily accessible, willing to provide information, and having characteristics of the issue being studied. The interview data is processed and discussed descriptively using coding in the form of Initial Codes and Focus Codes, then compared with the talent management framework in the Minister of Finance Regulation on Talent Management. The results of this study explain that the implementation of talent management in the Communication and Information Services Bureau has not been effective. So that talent management administrators are advised to refer to the talent management framework contained in the Minister of Finance Regulation. It is expected that by adjusting to the talent management framework, activities in managing talents in the future will be better so as not to cause mistakes in choosing future leaders of the organization.

Kata Kunci : Talenta, Manajemen Talenta, Peraturan Menteri Keuangan

  1. S2-2018-417213-abstract.pdf  
  2. S2-2018-417213-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-417213-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-417213-title.pdf