Laporkan Masalah

STRATEGI INEWSTV UNTUK MENJADI TV BERITA NOMOR SATU DI INDONESIA

Anggrainy S Voulinda, Harsono, Dr., M.Sc.

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rating program berita ekonomi dan politik iNewsTv, mengetahui ciri khas kompetitor terdekat iNewsTv dan kondisi yang dibutuhkan pemirsa terhadap informasi yang diberikan oleh tv berita, serta merumuskan strategi yang dapat dibangun oleh iNewsTv untuk merebut attention berbagai golongan pemirsa Indonesia. Untuk itu dgunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus, dimana data yang dikumpulkan terutama melalui wawancara mendalam, diolah untuk selanjutnya dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi rating program berita ekonomi dan politik Inews TV adalah akumulasi dan sinergitas dari faktor-faktor mutu dan kualitas program, keunggulan proses produksi, kondisi keunggulan penyiaran, kondisi keterlibatan pemirsa, kondisi kesengajaan pemirsa, kondisi kebutuhan pemirsa, kondisi adanya iklan, serta kondisi keunggulan proses produksi. Sedangkan kondisi yang dibutuhkan pemirsa terhadap informasi yang diberikan televisi berita secara umum adalah kondisi isi penyiaran yang berdampak luas dan berarti bagi masyarakat luas serta peristiwa yang menyentuh kehidupan sebagian besar masyarakat serta dan pada berita yang asli dan apa adanya. berita yang berkualitas , cepat dan hangat serta berita yang sejalan dengan fakta yang ada. Sedangkan ciri khas kompetitor terdekat Inews TV antara lainnya adalah kondisi bersaing dalam kecepatan pemberitaan serta ketepatan pemberitaan dan relatif tingginya awareness kompetitor Inews TV sedangkan awareness Inews TV masih perlu ditingkatkan dan sedang mencari bentuknya sendiri.

The purpose of this study was to identify factors affecting the iNewsTv economic and economic news program ratings, knowing the characteristics of nearby iNewsTv competitors and the conditions that viewers need for information provided by news tv, as well as formulating strategies that iNewsTv can build to capture the various attention Audiences of Indonesia. Therefore, the research uses descriptive qualitative approach, and case study research, where the data collected mainly through in-depth interviews, is processed for further analysis. The results of the analysis show that the factors affecting the economic and political news program ratings of Inews TV are the accumulation and synergy of the quality and program quality factors, the advantages of production process, the condition of broadcasting excellence, the condition of audience engagement, the condition of the viewer's intentions, the condition of the viewer's needs, Advertising, and the conditions of production process excellence. While the condition that the viewers need for the information provided by television news in general is the condition of the broadcasting content that has broad and meaningful impacts for the wider community and events that touch the lives of most of the people as well as and on the original news and what it is. Quality news, fast and warm and news that is in line with the facts. While the characteristics of competitor nearest Inews TV among others is the condition of competing in the speed of news and accuracy of news and relatively high awareness Inkins TV competitors while awareness Inews TV still needs to be improved and is looking for its own form.

Kata Kunci : news television strategy; television viewers

  1. s2-2018-376693-abstract.pdf  
  2. s2-2018-376693-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-376693-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-376693-title.pdf