Laporkan Masalah

ANALISIS SISTEM HOST TO HOST PADA FITUR TRANSAKSI BILLPAYMENT SEBAGAI STRATEGI BISNIS E-BANKING PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK

TERZIA ANANTA BAGUS, SE, Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, Akt. , MBA, Ph.D

2018 | Tesis | Magister Manajemen

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tepat tidaknya penggunaan strategi yang diambil dengan menganalisis strategi penggunaan sistem host to host pada fitur transaksi billpayment pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Keunggulan layanan dan fasilitas elektronik banking dapat digunakan oleh manajemen Bank sebagai strategi untuk dapat bersaing dan sebagai support atas produk-produk dana yang dimilikinya. Sebuah produk tabungan, deposito maupun giro yang didukung oleh fasilitas elektronik banking yang handal, maka produk tersebut akan lebih menawarkan value kepada nasabah yang memiliki produk tersebut Metode analisis data yang digunakan adalah metode benchmarking, yang bertujuan untuk mencari solusi yang lebih baik secara permanen dan terus-menerus dengan teknik membandingkan organisasi kita dengan organisasi lain, dan solusi tersebut digunakan untuk memperbaiki keuntungan kompetitif organisasi. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder yang bersumber dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pendapatan e-banking dapat ditingkatkan dengan melakukan penambahan fasilitas e-banking BNI seperti fasilitas ATM dan Pelayanan e-banking BNI yang dilakukan melalui sistem host to host billpayment pada fitur e-banking merupakan strategi yang tepat. Hal ini terbukti host to host billpayment dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan pendapatan e-banking maupun jumlah nasabah baru yang memanfaatkan fasilitas e-banking

The purpose of this research is to understand whether the use of strategy used in analyzing host to host system on billpayment transaction feature in PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk is proper or not. The superior banking electronic service and facility can be used by management of Bank as a strategy to compete and to support fund products owned. A saving, deposit or clearing account products is supported by reliable banking electronic facility, therefore said product will offer more benefit value to customers who utilizes that Data Analysis used is benchmarking method to find better, permanent and continuous solution by comparing our organization with others. Data used in this research constitutes secondary data from PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Conclusion gotten from this research is that e-banking revenue can be increased by adding BNI e-banking facility like ATM and e-banking carried out through host to host bill payment system with e-banking feature constitutes a proper strategy. It can be proved that host to host bill payment system can give enough high contribution to the increase of e-banking revenue or total new customers by utilizing e-banking facility.

Kata Kunci : E-Banking, Host to Host System, Benchmarking.

  1. s2-2018-228558-abstract.pdf  
  2. s2-2018-228558-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-228558-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-228558-title.pdf