APAKAH MERGER PT MULTI AGRO PERSADA TBK MEMBERIKAN NILAI TAMBAH TERHADAP PT JAPFA COMFEED INDONESIA TBK
ARIF OKTAVIANO, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.,
2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) hadir di Indonesia sebagai perusahaan agri-food yang terintegrasi dimana kegiatan usaha intinya adalah pabrikasi pakan ternak. Dalam industri perunggasan, Japfa merupakan perusahaan terbesar kedua di Indonesia. Sedangkan PT Multi Agro Persada Tbk (MAP) merupakan perusahaan yang melalui anak perusahaannya melakukan kegiatan usaha pakan ternak yang sejenis dengan kegiatan usaha inti Japfa. Japfa dan MAP merupakan dua perusahaan yang mempunyai potensi masing-masing, yang bila digabungkan akan menjadi suatu perusahaan yang jauh lebih menarik di Indonesia. Merger antara kedua perusahaan ini memberikan kesempatan yang unik dan merupakan dasar (platform) untuk menyatukan kekuatan. Penggabungan kedua perusahaan tersebut memanfaatkan kekuatan Japfa serta keunggulan MAP melalui anak perusahaannya yang masih memiliki kapasitas produksi yang masih belum terpakai. Dengan menyatukan kekuatan dari kedua perusahaan tersebut, merger akan menghasilkan suatu perusahaan yang mampu bersaing dan berkembang dalam menghadapi persaingan dalam kegiatan usaha pakan ternak di Indonesia yang semakin kompetitif. Yang menarik dari merger ini adalah sinergi pendapatan yang substansial yang timbul dari kombinasi kegiatan usaha kedua perusahaan. Dari evaluasi penambahan nilai perusahaan yang dilihat dengan tiga ukuran kinerja perusahaan melalui Return on Invested Capital (RoIC) yang meningkat, perhitungan Market Value Added (MVA) dan perbandingan Economic Value Added (EVA) yang lebih baik pada saat sesudah merger dibandingkan sebelum merger. Dengan penyatuan dua kekuatan ini meningkatkan nilai platform Japfa dan menyebabkan efek jaringan. Dengan sistem terbuka yang didasarkan pada pasar dua sisi, platform Japfa ini telah mengarah pada perluasan rantai nilai secara eksternal, yang memungkinkan berbagai peserta untuk memperluas rantai nilai dengan berpartisipasi dalam platform tersebut. Pada akhirnya, strategi merger ini sebagai dasar Japfa sebagai penyedia platform untuk tumbuh dan membentuk ekosistem bisnis dalam bentuk konglomerasi rantai nilai, berdasarkan pada struktur yang baik dan efek jaringan.
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) is present in Indonesia as an integrated agri-food company where its core business is manufacturing animal feed. In the poultry industry, Japfa is the second largest company in Indonesia. While PT Multi Agro Persada Tbk (MAP) is a company that through its subsidiaries conducts animal feed business activities similar to Japfa's core business activities. Japfa and MAP are two companies that have their own potential, which when combined will become a company that is far more attractive in Indonesia. The merger between the two companies provides a unique opportunity and is a platform to unite strength. The merger of the two companies utilized the strength of Japfa and the superiority of MAP through its subsidiaries which still have unused production capacity. By bringing together the strengths of the two companies, a merger will produce a company that is able to compete and develop in the face of competition in increasingly competitive animal feed business activities in Indonesia. What's interesting about this merger is the substantial revenue synergy that arises from the combination of the business activities of the two companies. From the evaluation of the addition of company value seen by three measures of corporate performance through increased Return on Invested Capital (RoIC), calculation of Market Value Added (MVA) and a better comparison of Economic Value Added (EVA) after the merger compared to before the merger. With the union of these two forces increases the value of the Japfa platform and causes network effects. With an open system based on a two-sided market, this Japfa platform has led to an expansion of the value chain externally, allowing various participants to expand the value chain by participating in the platform. In the end, this merger strategy was the basis of Japfa as a provider of platforms to grow and shape the business ecosystem in the form of value chain conglomerates, based on good structure and network effects.
Kata Kunci : Merger, Return on Invested Capital (RoIC), Market Value Added (MVA), Economic Value Added (EVA), pasar dua sisi, efek jaringan, ekosistem bisnis