Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN MANAJER INVESTASI PT MANULIFE ASSET MANAGEMENT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR DAN DANA KELOLAAN REKSADANA

JOKO PURNOMO, Herris B. Simandjuntak., Dr., MM.

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Manulife Asset Management Indonesia (PT MAMI) adalah perusahaan yang bergerak dalam industri pengelolaan dana berbasis reksadana di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi implementasi strategi untuk meningkatkan Asset Under Management (AUM) PT MAMI, mengevaluasi strategi bisnis dan memberikan rekomendasi strategi alternatif yang tepat bagi PT MAMI untuk meningkatkan Asset Under Management (AUM) PT MAMI dan pangsa pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dengan periode penelitian 2014 - 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui teknik wawancara penyebaran kuesioner dan observasi dengan dua orang dari Direksi Perusahaan dan dua orang dari senior manajemen. Data-data yang telah diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan Matriks IFE, EFE, SWOT, IE, SPACE dan QSPM. Hasil dari matriks IFE sebesar 3.30 dan matriks EFE sebesar 3.01. Hasil analisis matriks SWOT, IE, SPACE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran aggressive yang berarti bahwa perusahaan berada posisi kompetitif yang besar didalam industri. Alternatif strategi yang dapat di terapkan oleh perusahaan pada kuadran tersebut adalah strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk, strategi integrasi kedepan, strategi penetrasi pasar, strategi membangun pasar, dan strategi diversifikasi kosentrik. Dari hasil analisis QSPM, rekomendasi strategi yang tepat untuk dapat dijalankan oleh PT MAMI untuk meningkatkan market share dan AUM perusahaan adalah dengan melakukan pengembangan produk dan diikuti oleh penetrasi pasar.

PT Manulife Asset Management Indonesia (PT MAMI) is the asset management company operates in mutual fund management industry in Indonesia. The purpose of this research is to analyze internal and external factors that impact the implementation of business strategy to improve asset under management (AUM), as well as to evaluate business strategy and provide appropriate recommendation of alternative strategy for PT MAMI to improve asset under management and market share. The research method used in this research is a qualitative descriptive with case studies method within period 2014 - 2016. Data collection technique is conducted through interview, questioners and observation with two key persons in the company such as Director and senior management. These obtained data has been analyzing using a Matrix Internal Factor Evaluation (IFE), Matrix External Factor Evaluation (EFE), SWOT, Matrix Internal and External, SPACE and QSPM. The result of the IFE Matrix is 3.30 and the EFE Matrix is 3.01. The result of SWOT, IE and SPACE matrix shows that the firm is in aggressive quadrant which means that the company has a strong position in this industry. Strategy alternatives that can be applied by the company are market development, product development, forward integration, market penetration and diversification concentric. The final result of this research concludes that recommendation for PT MAMI based on QSPM matrix are Market Development and Market Penetration.

Kata Kunci : manajemen strategik, industri pengelolaan investasi, analisis lingkungan bisnis, pengembangan produk dan penetrasi pasar

  1. s2-2018-387280-abstract.pdf  
  2. s2-2018-387280-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-387280-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-387280-title.pdf