EVALUASI KANTONG PARKIR DI KAWASAN UGM DAN PERENCANAAN TRANSPORTASI KAMPUS YANG TERINTEGRASI (STUDI KASUS: KANTONG PARKIR SELATAN PPB DAN TIMUR FAKULTAS FILSAFAT)
MUHAMMAD IQBAL H K, Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, ST., MT.
2018 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILPenelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas kantong parkir UGM. Diawali dengan evaluasi kinerja kantong parkir dan dilanjutkan dengan perancangan pengembangan menjadi kantong parkir yang terintegrasi dengan sistemtransportasi kampus. Latar belakang yang mendorong dilakukannya penelitian ini disebabkan fenomena peningkatan jumlah kendaraan mahasiswa yang terjadisetiap tahun. Semakin meningkatnya jumlah kendaraan, semakin banyak pula kebutuhan ruang parkir. Sedangkan kantong parkir UGM tidak mengalami perkembangan kapasitasnya. Proses pengambilan data dilakukan dengan observasi lapangan dan wawancara kepada mahasiswa dengan menggunakan kuesioner. Data yang didapatkan, diolah menggunakan perhitungan analisis karakteristik parkir serta analisis deskriptif terkait respon mahasiswa terhadap pengembangan sistem transportasi kampus.Setelah itu, dilakukan perancangan kawasan berprinsip Transit OrientedDevelopment (TOD) untuk menciptakan kawasan kampus yang kondusif padasistem transportasinya. Hasil dari analisis perhitungan menunjukkan bahwa kedua sampel kantong parkir dalam kondisi tidak ideal dengan angka parking index sebesar 135% untuk kantong parkir Timur Fakultas Filsafat dan 103% untuk kantong parkir Selatan PPB. Selain itu, berdasarkan metrik penilaian TOD menurut ITDP (2014), UGM mendapatkan skor 74 dari 100. Maka dari itu, pada penelitian ini diberikan alternatif solusi yang dilengkapi dengan beberapa desain arsitektural, sepertikantong parkir, kawasan pedestrian, jalur pesepeda dan rute bus kampus sebagai salah satu upaya mewujudkan UGM menjadi kampus educopolis. Kata Kunci: Kampus educopolis, Pedestrian, Jalur sepeda, Bus kampus.
The focus of this study is by the quality increase of UGM parking lots. Parking lots performance is evaluated in the beginning of this study and continued with the development planning as a parking lots that integrated of the campus transportation system. The aim of this study is caused by the phenomenon of an increase in the number of student vehicles that occur every year. The more parking lots needed as excessive as the quantity of vehicles, while there were no capacity expansion of the parking lots. The data collection process was done by field observation and interview using questioner. The data is processed by counting-analysis of parking characteristic and descriptive analysis related students' responses about the development of campus transportation system. After that, the Transit Oriented Development (TOD) principle area is planned to create conducive area in the transportation system. The result of statistical analysis showed there was no ideal condition in between both of parking lot samples, with parking index 135% for the Eastern Faculty of Philosophy parking lot and 103% for the PPB South parking lot. In addition, based on the TOD assessment metric according to ITDP (2014), UGM scored 74 out of 100. Therefore, alternative solution given by this study were architectural design as parking lots, pedestrian sidewalk, bicycle road, and bus-campus route. The effort created to bring UGM to be one of educopolis campus Keywords: educopolis campus, pedestrian, bicycle road, campus bus.
Kata Kunci : Kampus educopolis, Pedestrian, Jalur sepeda, Bus kampus.