TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL PURI ASRI MAGELANG DAN FAKTOR PENUNJANGNYA
MUHAMMAD EKO BUDI S, POPI IRAWAN, S.S., M.Sc.
2018 | Skripsi | S1 PARIWISATAHotel Puri Asri merupakan satu-satunya dan hotel pertama yang memiliki standar klasifikasi bintang lima di Kota Magelang dan sudah berdiri selama 30 tahun. Unsur manusia dalam manajemen sebagai penggerak bisnis perhotelan sangat penting dalam menunjang keberlanjutan perusahaan, sehingga perusahaan perlu mempertahankan dan memenuhi kebutuhan karyawan agar tetap produktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan Hotel Puri Asri, dan (2) mengetahui faktor yang paling dominan dalam menunjang kepuasan kerja karyawan Hotel Puri Asri berdasarkan dimensi kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja karyawan Hotel Puri Asri. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel Puri Asri yang telah bekerja sekurang-kurangnya selama satu tahun dengan sampel 62 karyawan. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif yang selanjutnya dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sejumlah 53,2% karyawan menyatakan kepuasan kerja yang tinggi, dan (2) faktor paling dominan dalam menunjang kepuasan kerja adalah dimensi rekan kerja yang ditunjukkan dengan sebanyak 50% karyawan menyatakan kepuasan sangat tinggi.
Hotel Puri Asri is the only and the first hotel that has a five-star classification standard in the city of Magelang and has been established for 30 years. The man element in management as a driver of the hospitality business is very important in supporting the sustainability of the company, so that the company needs to maintain and meet the needs of employees to remain productive in carrying out their duties and responsibilities. The purpose of this study is (1) to determine the level of job satisfaction of Hotel Puri Asri employees, and (2) to know the most dominant factors in supporting the job satisfaction of Hotel Puri Asri employees based on satisfaction dimensions. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The variables in this study are job satisfaction of Hotel Puri Asri employees. The population in this study were Hotel Puri Asri employees who had worked for at least one year with a sample of 62 employees. Validity test conducted using Product Moment Correlation by Pearson. Data collection techniques using questionnaires, interviews, and literature studies. Data analysis techniques using quantitative analysis techniques which are then described descriptively. The results showed that (1) a number of 53.2% of employees stated high job satisfaction, and (2) the most dominant factor in supporting job satisfaction was the dimensions of coworkers as indicated by as many as 50% of employees expressed very high satisfaction.
Kata Kunci : kepuasan kerja, manajemen sumber daya manusia, hotel