Kinerja Karyawan Pengolahan Teh Unit Produksi Pagilaran PT Pagilaran
M YAZID BUSTOMI, Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P.; Dr. Ir. Suhatmini Hardyastuti, S.U.
2018 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisKinerja karyawan merupakan salah satu tolok ukur kinerja suatu organisasi yang tercermin pada hasil kerja dan kontribusi yang diberikan untuk perusahaan. Manajemen kinerja bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia yaitu produktivitas, kualitas tingkat layanan kepada pelanggan, pertumbuhan dan keuntungan perusahaan, serta memberikan peningkatan pada nilai-nilai stakeholder. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja karyawan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pengolahan teh Unit Produksi Pagilaran PT Pagilaran. Penelitian ini dilakukan pada karyawan di bagian pabrik pengolahan teh. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah 77 karyawan. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 4,07 dan standar deviasi 0,30. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kinerja karyawan menunjukkan bahwa dimensi ketepatan waktu memiliki rata-rata tertinggi diikuti dengan tanggung jawab, kuantitas kerja dan kualitas kerja. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah kemampuan kerja, komitmen organisasional, dan komunikasi organisasi, sedangkan faktor motivasi kerja, kepuasan kerja, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan kompensasi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pengolahan teh Unit Produksi Pagilaran PT Pagilaran.
Employee performance is one of the performance benchmarks of an organization that are reflected in the work and contributions given to the company. Performance management aims to improve the company's performance through the utilization of human resources, namely productivity, level of service quality to customers, growth and corporate profits, as well as the provision of improved values of stakeholders. The purposes of this research are to know the employee performance and to know the factors affecting employee performance of tea processing, Production Unit of Pagilaran, PT Pagilaran. This research was conducted on employees at the tea processing. The sampling technique used is stratified random method with a total of 77 employees. Analytical method used are descriptive statistic and multiple linear regression. The results show that employee performance is included in the high criteria with an average rating of 4.07 and standard deviation of 0.30. The dimensions used to measure employee performance show that the timeliness dimension has the highest average followed by the responsibility, the work quantity and work quality. The factors that influence on employee performance are work ability, organizational commitment, and organizational communication, while work motivation factor, job satisfaction, leadership style, work environment, and compensation have no significant effect on employee performance of tea processing, Production Unit of Pagilaran, PT Pagilaran.
Kata Kunci : kinerja karyawan, manajemen kinerja, perusahaan perkebunan