ADAPTASI INTERAKSI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL (Studi Kasus Tentang Adaptasi Interaksi dalam Komunikasi Interpersonal Berbasis Rich Your Child With Love and Joyful Learning di Permata Bunda Preschool)
KADEK YUNI PRATIWI, Dr. Rajiyem, S. IP., M.Si.
2018 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASISlogan yang dipilih oleh sebuah sekolah menggambarkan nilai-nilai yang dipegang oleh sekolah tersebut, salah satunya adalah slogan Rich Your Child with Love and Joyful Learning yang diusung oleh Permata Bunda Preschool. Kata love dan joyful dalam slogan menyiratkan tujuan dari sekolah tersebut untuk memperkaya anak-anak dengan cinta dan kegembiraan dalam belajar. Namun, tidak mudah untuk menghadapi anak-anak usia preoperasional yang kerap membutuhkan perhatian lebih. Pertentangan antara emosi negatif dan sikap menyayangi dengan tulus dapat dilihat dari komunikasi interpersonal yang terjadi dalam aktivitas instruksional yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Tujuannya adalah untuk mengkaji lebih dalam adaptasi interaksi dalam proses komunikasi interpersonal dengan penerapan slogan Rich Your Child With Love and Joyful Learning. Teori adaptasi interaksi oleh Burgoon digunakan untuk menjelaskan proses yang terjadi dengan lebih mendetail sekaligus untuk mengindikasikan emosi yang terlibat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk memahami permasalahan yang terjadi secara menyeluruh dan lebih mendalam. Temuan dari penelitian ini adalah elemen expectancy yang banyak mempengaruhi posisi interaksi guru wali dan elemen desires yang banyak mempengaruhi anak-anak dalam memulai komunikasi. Pola compensate banyak diperlihatkan oleh guru wali terkait dengan perannya sebagai guru dalam membimbing anak-anak. Sedangkan pola no adaptation banyak diperlihatkan anak-anak terkait dengan karakter egosentris yang melekat pada usia preoperasional. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan slogan Rich Your Child With Love and Joyful Learning tampak dalam komunikasi interpersonal pada aktivitas instruksional yang terjadi di Permata Bunda Preschool.
The slogan chosen by a school, illustrates the values held by the school, one of which is the slogan Rich Your Child with Love and Joyful Learning that carried by Permata Bunda Preschool. The word love and joyful in the slogan implies the purpose of the school to enrich children with love and joy learning. However, it is not easy to deal with preoperational age children who often need more attention. The contradiction between negative emotion and sincere loving attitude can be seen from the interpersonal communication that occurs in instructional activities that are the focus of this research. The aim is to examine more in the interaction adaptation in the process of interpersonal communication by applying the slogan of Rich Your Child With Love and Joyful Learning. Adaptation interaction theory by Burgoon is used to explain processes that occur in more detail as well as to indicate the emotions involved. This reserach uses a case study method to understand the case that occur thoroughly and more deeply. The results of this research are elements of expectancy that influence the interaction position of the teacher and desires elements that influence children in initiating communication. The compesate pattern is shown by the teacher in related to her role as a teacher in guiding children. The pattern of no adaptation is shown by the children associated with egocentrism characters inherent in preoperational age. Overall, the results of this study illustrate that the application of the slogan of Rich Your Child With Love and Joyful Learning appears in interpersonal communication in instructional activities that occur at Permata Bunda Preschool.
Kata Kunci : Teori adaptasi interaksi, komunikasi interpersonal, instruksional