Pelatihan "Rumah Ramah Literasi" untuk Meningkatkan Keterampilan Stimulasi Literasi Orang Tua
DINDA PERMATASARI H, Dr. Wisjnu Martani, S.U., Psikolog
2018 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIPemerintah di dunia termasuk di Indonesia mulai peduli terhadap gerakan literasi keluarga. Berdasarkan hasil studi literatur, pengalaman literasi awal pada anak usia prasekolah diyakini akan membentuk fondasi yang kuat pada perkembangan membacanya. Peran orang tua sangat penting untuk melakukan stimulasi literasi pada anak sejak dini. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa orang tua kurang terlibat dalam memberikan stimulasi pada anak di rumah. Salah satu faktor penyebabnya adalah orang tua belum menemukan metode yang tepat untuk melakukan stimulasi literasi di rumah. Penelitian ini mengembangkan program pelatihan Rumah Ramah Literasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan stimulasi orang tua menggunakan media environmental print. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Untreated Control Group Design with Dependent Pretest and Posttest Samples. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Whitney U-Test. Subjek penelitian berjumlah 18 orang ibu yang memiliki anak usia dini (4-6 tahun) yakni 9 ibu pada kelompok eksperimen dan 9 ibu pada kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan stimulasi literasi lebih tinggi secara signifikan, U(n=18) = 0,001, p<0,05 pada kelompok eksperimen (M=14) dibandingkan dengan kelompok kontrol (M=5 ). Effect size pelatihan Rumah Ramah Literasi sebesar 0,84.
Governments in the world including in Indonesia, have begun to care about family literacy. Based on literature studies, early literacy experiences in preschoolers are belived to create a strong foundation for the development of children reading skills. The role of parents is very important for stimulating children's early literacy. Preliminary study found that parents are less involved in stimulating children at home. On of the contributing factors is that parents have not found the right method to stimulate children's literacy at home.This research developed Rumah Ramah Literasi training program to improve parent stimulation of literacy skills using environmental print media. The experimental design employed in this present study is The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest Samples.The subject of this research are 18 mothers which is 9 mothers in experimental group and 9 mothers in control group.The data were analyzed by using Mann Whitney U-Test. The result of this study was found that gain score literacy stimulation was significantly higher, U(n=18) =0,001, p<0,05 in the experimental group (M=14) than in the control group (M=5).This indicates that Rumah Ramah Literasi training program could improve parents literacy stimulation. Effect size of Rumah Ramah Literacy training program is 0,84.
Kata Kunci : Kata kunci: orang tua, literasi, stimulasi literasi, environmental print