Laporkan Masalah

KONFLIK INTERPERSONAL SISWA SMA DI YOGYAKARTA DAN MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS ALTERNATIVE DISPUTE RESOLUTION

OLDWEIN E PUPELLA, Dr. Poppy S.Winanti,M.P.P,M.Sc

2018 | Tesis | MAGISTER KETAHANAN NASIONAL

Konflik interpersonal siswa di Indonesia belakangan ini menjadi masalah yang cukup pelik terutama ketika pihak lain dirugikan karena persoalan- persoalan tersebut, baik pihak yang berkonflik maupun pihak-pihak yang di sekitar. Sejauh ini, penanganan berbagai konflik interpersonal siswa dilakukan dengan pendekatan situasional yaitu penanganan dilakukan ketika ada konflik. Pola penanganan seperti ini tidak menyelesaikan masalah secara tuntas karena itu berbagai konflik interpersonal siswa di Indonesia terkesan tidak pernah berakhir dan dibutuhkan perubahan pola dan metode penanganan yang dapat memutus mata rantai tersebut. Sebuah metode penanganan selalu merujuk pada siapa, apa dan bagaimana metode tersebut di terapkan. Salah satu metode penanganan konflik interpersonal yang belakangan ini mengalami perkembangan positif dan sangat representatif dalam manajemen konflik adalah alternative dispute resolution (ADR). Sebagai metode alternatif, ADR dapat dijadikan pilihan dalam menguraikan atau menyelesaikan konflik dengan menghindari kebenaran maupun legitimasi tindakan satu pihak dangan mempertemukan dan mempersatukan para pihak yg berkonflik, menguji kadar kebenaran dan memecahkan masalah jangka pendek atau panjang. Penelitian ini dilakukan di lingkungan pelajar SMA di kota Yogyakarta dengan studi kasus pada Madrasah Aliah Negeri 1 Yogyakarta, Sekolah Menengah Atas Budya Wacana 1 Yogyakarta dan Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa metode yang dipakai dalam menangani dan mengelola konflik interpersonal siswa di lingkungan pelajar SMA di kota Yogyakarta dan mengetahui sejauh mana metode ADR dipahami dan diterapkan sebagai metode penyelesaian konflik interpersonal siswa. Melalui penelitian dan penulisan ini, diharapkan dialog mengenai akreditasi, promosi, dan perluasan bidang ADR akan terus berkembang dan maju. Publik juga dapat semakin mengenal dan memahami manfaat ADR baik dalam skala makro maupun mikro.

Interpersonal conflict of students in Indonesia has recently become a trycky problem especially when other parties harmed due to these issues, for the conflicted parties or parties around. So far, handling for variety of student interpersonal conflict is carried out by circumstantial approach. The handling is done when there is a conflict. The handling pattern like this does not solve the problem completely because students interpersonal conflict in Indonesia impressed never ends and it needs a change for pattern and handling methods to break the chain. A handling method always refer to who, what and how these methods apply. Alternative disputes resolution (ADR) is one of the handling method for interpersonal conflict that has recently undergone positive development and very representative in conflict management. As an alternative method, ADR can be optioned for resolve conflicts to avoiding the truth nor the legitimacy actions of one party with meet and unite the parties in conflict, testing the levels of truth and solves the problem of short or long term. This research was conducted in an environment of high school students in the city of Yogyakarta, with case studies on Madrasah Aliah Negeri 1 Yogyakarta, Budya Wacana 1 Yogyakarta High School and Public High School 11 Yogyakarta. The purpose of this Research was to know what methods are used for manage and handling the interpersonal conflict in an Environment high shcool students in Yogyakarta city and to know the extend ADR methods understood and applied as a form of resolution methods of students interpersonal conflict. Through this thesis expected dialogue regarding accreditation, promotion, and expansion of the ADR field will continue to evolve and progress. The public can also getting to know and understand the benefits of ADR in both micro as well as macro-scale

Kata Kunci : Konflik, Konflik Interpersonal Siswa, Manajemen Konflik, Resolusi Konflik, Alternative Dispute Resolution

  1. s2-2018-390491-abstract.pdf  
  2. s2-2018-390491-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-390491-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-390491-title.pdf