PERAN PENGATURAN AREA DUDUK DI RUANG KELAS TK MODEL KABUPATEN SLEMAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PESERTA DIDIK
DEWI PRAMITASARI, Diananta Pramitasari, S.T., M.Eng., Ph.D.
2018 | Tesis | MAGISTER ARSITEKTURPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan khususnya di taman kanak-kanak merupakan pendidikan formal pada masa keemasan yang bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan anak. Terdapat banyak hal yang diamati di taman kanak-kanak, diantaranya sarana prasarana seperti pengaturan area duduk yang digunakan oleh peserta didik di dalam ruang kelas terhadap interaksi sosial dan hasil gambar. Penelitian ini berlokasi di TK Model Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta. Penelitian ini dimulai dengan melakukan eksperimen dari pengaturan area duduk menjadi empat tipe: eksisting, area karpet dan lantai, area meja dan kursi berkelompok, serta area meja dan kursi individu. Penelitian ini juga menggunakan teori perkembangan anak usia dini (PAUD) yang berdampak pada perbedaan interaksi sosial dan hasil gambar dari setiap tipe area duduk yang digunakan. Semua teori tersebut diolah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan paradigma rasionalistik. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi perbedaan hubungan pada interaksi sosial dan hasil gambar peserta didik dari masing-masing tipe area duduk. Selain itu, tahapan penelitiannya berupa: (1) observasi dengan rekaman video, (2) memodifikasi pengaturan area duduk, (3) tindak lanjut dan analisis menggunakan statistik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner dari sampel dengan kriteria yang tepat. Kriteria tersebut adalah menggunakan seluruh tipe area duduk, serta melakukan seluruh pembelajaran yaitu interaksi sosial dan hasil gambar. Hasil penelitian ini disusun dalam empat pembahasan yang saling mempengaruhi sasaran penelitian. Hasil penelitian ini juga menjawab dua pertanyaan penelitian yaitu: perbedaan hubungan tipe pengaturan area duduk terhadap interaksi sosial dan hasil aktivitas belajar menggambar peserta didik, serta faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan tersebut.
This study is motivated by needs of society, one of them is education aims to improving the human quality. Educational especially in kindergarten is a formal education in the golden age that aims to maximize child development. There are many things which are observed in kindergarten, including infrastructure such as a seating layout arrangement that used by the students in the classroom against the social interaction and the student's drawings. This research is located at TK Model, Sleman Regency, D.I.Yogyakarta. This study begins with an experiment of seating layout arrangements into four types: existing, fish-bowl layout for bigger group discussion, small working groups, and traditional classroom layout. This study also uses the early childhood development theories which impact on the differences of social interaction and student's drawings of all used seating layout arrangement. All theories are processed using quantitative research method with a rationalistic paradigm. This study is also processed using qualitative research method to find out the different factors of social interaction and student's drawings. In addition, the stages of research are: (1) observations using video recording, (2) modify the seating layout arrangements, (3) follow-up and analysis using statistics. Data collection is using the methods of observation and questionnaires from samples with the appropriate criteria. The criterias are using all types of seating layout arrangements, and doing all learning such as social interaction and student's drawings. The results of this study are arranged in four interrelated discussions that affect each research target. The results are also answer the research questions that are: different correlation of seating layout arrangements against social interaction and student's drawing, and the factors that influence the correlation of them.
Kata Kunci : Pengaturan Area Duduk, Taman Kanak-kanak, Interaksi Sosial, Hasil Gambar