Resepsi dan Agensi Mahasiswa Fisipol UGM dalam Konsumsi Video Reaksi YouTube
ULFI MIFTAHULJANAH, Dana Zakaria Hasibuan, S.Sos., M.A.
2018 | Skripsi | S1 SOSIOLOGIYouTube marupakan situs berbagi video yang telah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti hiburan, informasi, pengetahuan, dan lain-lain. Berbagai genre video dapat kita temukan di YouTube. Salah satu genre yang sedang populer saat ini adalah video reaksi. Populernya genre video ini tidak lepas dari peran audiens terkait bagaimana pemaknaan yang dilakukan. Penelitian ini berusaha mengungkap pemaknaan audiens, motivasi, dan pengaruh mengkonsumsi video reaksi khususnya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada sebagai bagian dari kaum muda yang telah menerima berbagai informasi, pengetahuan, maupun kebiasaan-kebiasaan dari lingkungan sekitar dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat posisi dominan-hegemonik dan negosiasi yang dipengaruhi oleh interaksi kelompok pertemanan, lingkungan sosial, dan pendidikan. Reaktor dijadikan sebagai penerjemah kebudayaan untuk memenuhi motivasi menonton video reaksi sebagai hiburan, informasi, menunjang hubungan personal, membandingkan reaksi, dan memenuhi hasrat imajinasi menjadi subjek dalam video reaksi yang akan memberikan dampak kognitif, afektif, maupun behavioral.
YouTube is video sharing site that has been used by many people for various needs such as entertainment, information, knowledge, and others. Various video genres can be found on YouTube. One of the most popular genres today is the reaction video. The popularity of this video genre can not be separated from the role of the audience about how the meaning is done. This research tries to reveal audience�s meaning, motivation, and influence consuming reaction video especially to Student of Faculty of Social and Political Sciences of Gadjah Mada University as part of youth who have received various information, knowledge, and also habit of environment and education. The results show that there are dominant-hegemonic positions and negotiations caused by the interaction of friendship, social environment, and education. Reactors are used as cultural translators to fulfill motivation as entertainment, information, personal relationships, comparing reactions, and fulfilling imaginary desires into subjects in reaction videos that will have cognitive, affective, and behavioral effects.
Kata Kunci : YouTube, Video Reaksi, Resepsi, Motivasi/ YouTube, Reaction Video, Reception, Motivation