Monday Effect pada Pengumuman Dividen Naik dan Dividen Turun di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017
PIKA CERIA DEWI, Marwan Asri, Prof., M.B.A., Ph.D
2018 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenjelasan mengenai reaksi pasar terhadap pengumuman perubahan dividen dan keanehan hari dalam seminggu merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan antara rata-rata return pada pengumuman perubahan dividen yang diumumkan hari Senin dengan pengumuman perubahan dividen yang diumumkan pada hari selain Senin (Selasa, Rabu, Kamis, Jumat). Analisis ini dilakukan melalui dua pengujian, pertama pengujian terhadap ada atau tidak adanya reaksi pasar pada pengumuman kenaikan dan penurunan dividen. Pengujian kedua terhadap ada atau tidak adanya Monday effect yang dilihat dari perbedaan antara rata-rata return pada pengumuman kenaikan dan penurunan dividen yang diumumkan hari Senin dengan rata-rata return pada pengumuman kenaikan dan penurunan dividen yang diumumkan pada hari selain Senin. Sampel yang digunakan adalah saham yang masuk kategori papan utama (main board) di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2017. Metodologi yang digunakan adalah uji beda rata-rata dengan uji t two tail. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan antara rata-rata return pada hari pengumuman dividen naik dengan rata-rata return pada hari tidak ada pengumuman dividen naik. Namun tidak terdapat perbedaan antara rata-rata pada hari pengumuman dividen turun dengan rata-rata return pada hari tidak ada pengumuman dividen turun. Penelitian ini tidak dapat dilanjutkan untuk menguji ada atau tidak adanya fenomena Monday effect pada pengumuman dividen turun, dikarenakan hasil penelitian ini tidak terdapat reaksi pasar pada pengumuman dividen turun. Namun penelitian dapat dilanjutkan untuk menguji fenomena Monday effect pada pengumuman dividen naik, karena terdapat reaksi pasar yang dicerminkan dengan terdapat perbedaan antara rata-rata return pada hari pengumuman dividen naik dengan rata-rata return pada hari tidak ada pengumuman dividen naik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata pada pengumuman dividen naik yang diumumkan pada hari Senin dengan rata-rata return pada pengumuman dividen naik yang diumumkan pada hari selain Senin. Namun rata-rata return hari Senin lebih besar dari rata-rata return hari selain Senin. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat Monday effect pada pengumuman dividen naik. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman perusahaan dalam mengumumkan berita baik (good news) pada hari dalam seminggu. Karena tidak terdapat Monday effect pada pengumuman dividen naik, maka perusahaan tidak perlu khawatir dalam mengumumkan berita baik (good news) pada hari Senin.
Market reaction towards announcement of change in dividend policy and day of the week effect is interesting to review. This research aimed to verify if there are changes in average return over announcement of dividend change policy on Monday compared to what happened on other days (Tuesday, Wednesday, Thursday, and Friday). The analysis had been completed through two testings: 1) if there were market reactions toward announcement of dividend increases or decreases, and 2) if there were Monday effects seen from changes in average return over announcement of dividend change policy on Monday compared to other days. Samples used were stocks which were included in main board category in Indonesian Stock Exchange year 2012 to 2017. Method used was average difference using two-tail t-test. The result of this research is that there are differences in average return on days dividend increases were announced compared to average return on days when there were no announcements of dividend increases. Nonetheless, there is no difference of average return on days dividend decreases were announced compared to average return on days when there were no announcements of dividend decreases. Since there were no market reactions found over announcement of dividend decreases, the analysis could not go forward to the second testing whether there were Monday effects over announcement of dividend decreases. Yet, this research could be continued to test Monday effect phenomenon over announcement of dividend increases because there were market reactions referred to the difference of average return on days when there were no announcements of dividend increases. This result shows that there are differences of average return over dividend increases announced on Mondays compared to average return of dividend increases announced on days other than Monday. Average return on Mondays is bigger than average return other than Monday. In a nutshell, there is no Monday effect over announcement of dividend increases. This research is beneficial to become a guideline for companies in announcing good news on certain day in a week. For there is no Monday effect over announcement of dividend increases, companies do not have to worry to announce good news on Monday.
Kata Kunci : Pengumuman perubahan dividen, dividen naik, dividen turun, Monday effect, asymmetric information, dividend signaling theory, residual theory, agency theory, bird in the hand, tax preference theory, saham papan utama.