Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Metode Performance Prism pada Centralab Indonesia
DWI SUPRIADI, Dr. Eng. Herianto, S.T., M. Eng,
2018 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan Centralab Indonesia yang bergerak di bidang 3D printer yang diukur dengan metode Performance Prism pada periode Mei 2018. Pengukuran kinerja dengan metode Performance Prism terdiri dari lima perspektif, yaitu stakeholder satisfaction (kepuasan stakeholder), stakeholder contribution (kontribusi stakeholder), strategy (strategi), process (proses), dan capability (kapabilitas). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terlibat dalam perusahaan yang terdiri dari pelanggan, karyawan, direksi dan pemasok, Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas kinerja pada perusahaan yang diukur dengan metode Performance Prism. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) yang dianalisis dengan bantuan metode OMAX (Objective Matrix) dan Traffic Light System yang memiliki tiga kategori yaitu merah, kuning dan hijau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan terukur dari 31 KPI (Key Performance Indicators). Pengukuran kinerja yang dilakukan menghasilkan (1) Kinerja perusahaan jika diukur dari indikator Stakeholder Satisfaction menunjukkan hasil 7 KPI berada pada kategori kuning. (2) Kinerja perusahaan dari indikator Stakeholder Contribution menunjukkan hasil 2 KPI berada pada kategori hijau, 1 KPI berada pada kategori kuning, dan 3 KPI berada pada kategori merah. (3) Kinerja perusahaan jika diukur dari indikator Strategy menunjukkan hasil 3 KPI berada pada kategori hijau, 1 KPI berada pada kategori kuning, dan 4 KPI berada pada kategori merah. (4) Kinerja perusahaan jika diukur dari indikator Process menunjukkan hasil 3 KPI berada pada kategori hijau, 2 KPI berada pada kategori kuning, 1 KPI pada indikator Process yang berada pada kategori merah. (5) Kinerja perusahaan jika diukur dari indikator Capability menunjukkan hasil 2 KPI berada pada kategori hijau, 2 KPI yang berada pada kategori kuning, 1 KPI berada pada kategori merah. Masing-masing kategori pada Traffic Light System memiliki arti yaitu merah berarti kinerja berada dibawah target yang telah ditentukan dan memerlukan perbaikan segera, kuning berarti achievement dari kinerja belum tercapai meskipun nilai sudah mendekati target, dan hijau berarti kinerja sudah dicapai.
This study aims to determine the performance of Centralab Indonesia company engaged in the field of 3D printers measured by Performance Prism method in the period of May 2018. Performance Prism performance measurement consists of five perspectives, namely stakeholder satisfaction (stakeholder satisfaction), stakeholder contribution (stakeholder contribution ), strategy (strategy), process (process), and capability (capability). Subjects studied in this study are all stakeholders involved in the company consisting of customers, employees, directors and suppliers, The object in this study is the performance of the company's performance as measured by Performance Prism method. This research uses AHP (Analytical Hierarchy Process) method which is analyzed with the help of OMAX (Objective Matrix) method and Traffic Light System which has three categories: red, yellow and green. The results of this study indicate that the company's performance is measured from 31 KPI (Key Performance Indicators). Performance measurements performed (1) Company performance if measured from Stakeholder Satisfaction indicator shows the results of 7 KPIs are in the yellow category. (2) The company's performance of the Stakeholder Contribution indicator shows the results of 2 KPIs in the green category, 1 KPI is in the yellow category, and 3 KPIs are in the red category. (3) Company performance if measured from indicator Strategy shows 3 KPI results are in green category, 1 KPI is in yellow category, and 4 KPI is in red category. (4) The performance of the company if measured from the Process indicator shows the 3 KPI results are in the green category, 2 KPIs are in the yellow category, 1 KPI on the Process indicator that is in the red category. (5) Company performance if measured from Capability indicator shows 2 KPI results are in green category, 2 KPIs are in yellow category, 1 KPI is in red category. Each category of Traffic Light System has a meaning that red means performance is below the target that has been determined and requires immediate improvement, yellow means the achievement of performance has not been achieved even though the value is close to the target, and green means the performance has been achieved.
Kata Kunci : 3D Printer, Performance Prism, Key Performance Indicator, Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System