Kerjasama Transnasional Industri Kreatif Indonesia dan Korea Selatan: Upaya Peningkatan Kapasitas Konten Kreatif Indonesia
DINI PUSPITASARI, Dra. Siti Daulah Khoiriati, MA
2018 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONALSkripsi ini membahas mengenai bagaimana suatu negara mengambil kebijakan untuk melakukan kerjasama dengan negara lain dalam rangka mencapai agenda nasionalnya. Menggunakan konsep interaksi transnasional, skripsi ini menganalisis bagaimana Indonesia mendorong pelaku industri kreatif nasionalnya untuk dapat menaikkan kapasitasnya kontennya salah satunya dengan cara melakukan kerjasama dengan Korea Selatan. Korea Selatan merupakan negara dengan kapasitas industri kreatifnya yang besar dan sangat berkembang terutama di bidang musik, film, dan televisi. Hal tersebut sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif pemerintah sejak tahun 2016 adalah sektor aplikasi digital, musik, dan film. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia sejak tahun 2013 melakukan kerjasama dengan Korea Selatan pada sektor industri kreatifnya bertujuan supaya pelaku industri kreatif nasional memiliki kesempatan yang sama untuk lebih berkembang, mengingat konten-konten industri kreatif Korea Selatan sangat digemari di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan analisis mengenai bagaimana upaya Indonesia dalam menaikkan kapasitas konten kreatif nasionalnya melalui kerjasama dengan pelaku industri kreatif Korea Selatan.
This thesis discussed about how a country take policy to make cooperations with another country in order to achieve national agenda. This thesis is using transnational interaction concept to analyze how Indonesia encourage their national creative industry to gain their content capacity by doing a cooperation with South Korea. South Korea is a country that have a great and developed creative industry especially in music, movie, and television program. Those things in line with the government program in the development of their creative economy since 2016 is digital application sector, music, and film. A research found that since 2013 Indonesia is doing a cooperation with South Korean in creative industry sector aims that Indonesian creative industry have a chance to developed, as South Korea creative industry is well known in Indonesia. Therefore, an analysis about how Indonesia increase their creative industry content with actors in creative industry in South Korea is needed.
Kata Kunci : Indonesia, Korea Selatan, Interaksi Transnasional, Kerjasama Transnasional, Ekonomi Kreatif, Industri Kreatif, Peningkatan Kapasitas Konten