Laporkan Masalah

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BAGIAN ACCOUNT RECEIVEABLE DALAM PROSES PEMBAYARAN PIUTANG SEWA KAMAR DAN BIAYA FASILITAS DI HOTEL TENTREM YOGYAKARTA

DIKA AMELIA N, M. Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc.

2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Peran account receivable adalah untuk pencatatan seluruh transaksi yang berhubungan dengan piutang perusahaan yang timbul karena adanya penjualan kredit, melakukan penagihan atas piutang tersebut, dan menerima hasil tagihan. Penjualan kredit itu antara lain adalah biaya sewa kamar dan biaya penggunaan fasilitas di hotel. Pada pendapatan biaya sewa kamar, pembayaran yang belum dilakukan akan menjadi piutang. Penagihan piutang dilakukan oleh account receivable. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan tanggung jawab sub-departemen account receivable yaitu sebagai sub-departemen yang menangani semua piutang yang masuk ke Hotel Tentrem Yogyakarta. Selain itu, untuk mengetahui tentang proses-proses penagihan piutang dan kendala yang dihadapi oleh account receivable. Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan praktek kerja lapangan di Hotel Tentrem Yogyakarta selama bulan Februari 2018 hingga Mei 2018 pada bagian finance department guna mengumpulkan data dan informasi yang relevan dengan topik yang akan dibahas dalam Tugas Akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian yaitu semua piutang yang masuk merupakan tugas dan tanggung jawab sub-departemen account receivable termasuk dengan penagihan piutang. Penagihan dilakukan kepada agen perjalanan wisata, perusahaan, dan pemerintahan. Dengan masalah yang timbul yaitu keterlambatan pembayaran sehingga menyebabnya terganggunya arus kas.

Assignment of account receivable is record all transaction of credit payment, debt the credit payment, and received the credit payment. The credit payment from rent of room hotel and rent facility in hotel. This research purpose to know assignment and responsibility of sub-department account receivable as sub-department handled account receivable to Hotel Tentrem Yogyakarta. Be sides, to know about process how to collection of account receivable and obstancle to do colloction of account receivable. Research using descriptive analytical method, doing on the job training at Hotel Tentrem Yogyakarta during February 2018 until May 2018 in finance department to assemble the data and information about topic the author conducted. Assemble the data by observation and literature study. Result of research all income is responsibility of sub-department account receivable include collection of account receivable. Collection of account receivable from the tour travel agent, the company, and the goverment. And also the problem is when the tour travel agent, the company, and the goverment late to payment, that’s make inhibit the cash record.

Kata Kunci : Account Receivable, penagihan piutang, finance department, Hotel Tentrem, Hotel di Yogyakarta

  1. D3-2018-380480-abstract.pdf  
  2. D3-2018-380480-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-380480-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-380480-title.pdf