PERAN DUKUNGAN KEORGANISASIAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP INTENSI KELUAR PADA KARYAWAN HOTEL
FELICIA ARYANI, Sri Hartati, Dra., M.Si., Psikolog
2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPeneltian ini dilakukan untuk menguji peran dukungan keorganisasian yang dipersepsikan terhadap intensi keluar pada karyawan hotel. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peran antara dukungan keorganisasian yang dipersepsikan terhadap intensi keluar pada karyawan hotel. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dari konsep intensi keluar menurut Mobley, Horner & Hollingsworth (1978) dan Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) yang dikembangkan oleh Eisenberger, Huntington, Hutchison, & Sowa (1986). Analisis regresi linier sederhana dilakukan pada data empiris yang diperoleh dari 71 karyawan di Hotel Grand Keisha Yogyakarta by Horison. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan keorganisasian yang dipersepsikan dengan intensi keluar pada karyawan hotel (R= 0,365, �²= -0,477 F= 10,619, p < 0,05). Sumbangan efektif dukungan keorganisasian yang dipersepsikan terhadap intensi keluar adalah sebesar 13,3% (R2 = 0,133).
This research aims to examine the role of perceived organizational support toward turnover intention of hotel employees. The hypothesis of this research is that there is role of perceived organizational support toward turnover intention of hotel employees. The instrument of this study are adapted scale from turnover intention concept by Mobley, Horner & Hollingsworth (1978) and Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) by Eisenberger, Huntington, Hutchison, & Sowa (1986). The simple regression analysis is conducted on empirical data obtained from 71 employees at Grand Keisha Hotel Yogyakarta by Horison. The result of this research showed that there is a negative relation between perceived organizational support and turnover intention of hotel employees (R= 0,365, �²= -0,477 F= 10,619, p < 0,05). The effective contribution of perceived organizational support toward turnover intention of hotel employees is 13,3% (R2 = 0,133).
Kata Kunci : dukungan keorganisasian yang dipersepsikan, intensi keluar, karyawan hotel, perceived organizational support, turnover intention, hotel employees