OPERASIONAL PAKET WISATA 3 HARI 2 MALAM SOLO – YOGYAKARTA DI BIRO PERJALANAN WISATA YUNIKA TOUR AND TRAVEL (STUDI KASUS ROMBONGAN KOMUNITAS PENGGEMAR MUSIK MAHAMERU JAKARTA)
LAKSMITA CHANDRA O, Ghifari Yuristiadhi, S.S., M.A.;Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc.
2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATASebagai salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia, pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar setelah minyak dan gas bumi. Tidak dapat dipungkiri jika kegiatan berwisata kini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Seiring dengan meningkatnya keinginan untuk berwisata, banyak Biro dan Agen Perjalanan Wisata bersaing untuk mendapatkan konsumen, dan diharapkan mereka dapat memberikan pelayanan dan inovasi paket wisata yang berbeda satu dengan lainnya. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang operasional tur suatu paket wisata. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui alur kegiatan tur yang dioperasikan oleh Tim Yunika Tour and Travel secara detail. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan mencakup metode observasi partisipatoris, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penulis turut berperan langsung dalam kegiatan tur sehingga penulis dapat menganalisis rumusan masalah yang ada menjadi sebuah kesimpulan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa operasional tur paket wisata Solo - Yogyakarta terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : Pra-Tur, in tur dan pascatur. Pra-tour berisi tentang proses order paket wisata, persiapan teknis, dan perhitungan basic cost yang terdiri dari: penetapan destinasi wisata, penyusunan program perjalanan wisata/itinerary, reservasi transportasi bus, reservasi penginapan/hotel, reservasi rumah makan, penunjukan tour operator dan helper, penentuan tour leader/guide, briefing tour leader, menyiapkan properti wisata (P3K, nomor bus, luggage tag, spanduk). In Tur (Pelaksanaan tur) berisi tentang rincian kegiatan sesuai dengan itinerary yang telah dibuat, dan pascatur berisi tentang evaluasi, tanggapan kritik dan saran hasil dari tur.
As one of the important economic sectors in Indonesia, tourism becomes one of the largest contributors of foreign exchange after the oil and gas. It can’t be denied if travel activities becomes the main needs for people. Along with the increase the desire to travel. There are many Travel Bureau and Travel Agent compete to get a customer, and expected that they can make any innovasion of tourism package which different each other. This research is reviewing about tour operational of tour package activity. This research aimed to know the flow of tour operational which operated by Yunika Tour and Travel. This research was using qualitative approach. The data was collected by using participatory observation, interviews, and documentation. The writer had a role directly on tour activity, so that the writer has capability to analyze the problems become a research conclusion. The conclusion of this research is that tour operational of Yunika Tour and Travel was consisted into 3 parts, 1. Pre tour was contained about ordering process of tour package and technical preparations. The technical preparations are deciding the tour's destinations, arranging the trip's programs/itinerary, buss reservation, hotel reservation, restaurant's reservation, choosing tour operation and helper, choosing tour's leader/guide, tour leader's briefing, tour's properties preparation (first-aid, buss number, luggage tag, banner). 2. Tour execution, was contained about the tour's details activity according to the itinerary. 3. Post tour, contained the evaluation, responses of tour activities.
Kata Kunci : Operasional Tur, Berwisata, Paket Wisata, Biro Perjalanan Wisata, Yunika Tour and Travel