Laporkan Masalah

Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit dengan Pendekatan Stakeholder

SYLVIA KARTIKA D, Iin Mayasari, Dr., M.M., MSi.

2018 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterapkan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap stakeholders dalam upaya menyelaraskan nilai-nilai bisnis dengan kebutuhan dan harapan dari berbagai stakeholders dan sebagai sarana untuk menciptakan hubungan yang kondusif dengan stakeholders baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas perusahaan yang berada di sekitar lokasi tempat perusahaan beroperasi. Perusahaan yang digunakan adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit milik keluarga selama kurun waktu tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Data diperoleh dari laporan tahunan CSR perusahaan, buku pedoman dan Handbook CSR perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa Perusahaan telah menjalankan CSR sebagai perwujudan legal behavior, ethical behavior, dan social responsibility behavior. Perusahaan telah menjalankan tanggung jawab sosialnya kepada stakeholder. Pelaksanaan CSR perusahaan merupakan bagian dari holistic marketing yang dilakukan oleh perusahaan sebagai pendukung keberlanjutan dan perkembangan kegiatan bisnisnya.

The objective of this research is to analyze the strategy of Corporate Social Responsibility (CSR) applied by the company. The CSR of company is implemented to fulfill company�s responsibility to the stakeholders in an effort to align the business values with the needs and expectations of stakeholders. The CSR of company could create and mantain a conducive relationship with stakeholders either directly involved or indirectly with the activities of the company. The corporate used is a family-owned oil palm plantation company during the period 2015 to 2017. Data obtained from the company's annual CSR report, handbook and corporate CSR Handbook. This research uses qualitative approach. This study shows that the Company has run CSR as the embodiment of legal behavior, ethical behavior, and social responsibility behavior. The company has carried out its social responsibility to the stakeholders. The implementation of corporate CSR is part of holistic marketing undertaken by the company as a supporter of the sustainability and development of business activities.

Kata Kunci : Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), stakeholders, perusahaan keluarga, kelapa sawit, holistic marketing

  1. S2-2018-374749-abstract.pdf  
  2. S2-2018-374749-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-374749-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-374749-title.pdf