Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PENURUNAN NON PERFORMING LOAN STUDI KASUS PADA PT BANK PERMATA, TBK

MARIA REGINA NANSI, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2018 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang diterapkan oleh PT. Bank Permata Tbk. Pada tahun 2017 dalam upayanya untuk menurunkan tingkat Non Performing Loan (NPL) dimana pada tahun 2016 tercatat NPL gross sebesar 8,83% dan NPL net 2,24% per Desember 2016. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan kredit yang diterapkan oleh Bank Permata untuk menurunkan tingkat risiko kredit dibandingkan dengan strategi-strategi yang pada umumnya diterapkan di dalam industri perbankan. Hasil penelitian di PT Bank Permata, Tbk menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan yaitu: a. Review menyeluruh atas seluruh account khususnya Wholesale Banking agar dapat menerapkan account strategy yang tepat guna meningkatkan kualitas dan produktifitas kredit yang lebih baik. b. Melakukan proses restrukturisasi yang lebih agresif dan anjak piutang. c. Penguatan manajemen risiko. d. Right issue untuk penambahan modal. e. Melakukan reformasi di tubuh manajemen. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi penurunan NPL yang dilakukan PT Bank Permata, Tbk sepanjang tahun 2017 terbukti efektif menurunkan NPL ke tingkat yang diharapkan sesuai ketentuan regulator. Saran utama yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan karyawan dalam menaati ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam prosedur pemberian kredit.

This study aims to determine the strategies implemented by PT. Bank Permata Tbk. In 2017 in its efforts to reduce the level of Non Performing Loans (NPLs) where in 2016 recorded gross NPL of 8.83% and net NPL 2.24% as of December 2016. The formulation of this research problem is how the credit management strategy implemented by Bank Permata, to reduce the level of credit risk, compared with the strategies that are generally applied in the banking industry. Research results at PT Bank Permata Tbk shows that the strategies implemented are: a. A thorough review of the entire account, especially for Wholesale Banking b. Improving the portfolio of problem loans by maintaining asset quality, maximizing recovery and taking action to reduce NPL by restructuring and selling problem assets through factoring. c. Strengthening risk management: communication & up skilling, policy & process, people & structure, dan portfolio actions. d. Conducted a rights issue with a total of Rp 8.5 trillion e. Management Reform. The study concludes that the NPL reduction strategy implemented by PT Bank Permata, Tbk throughout 2017, proved to be effective in reducing NPLs to the expected level according to regulatory requirements. The main suggestions are recommended based on the results of this study is, an increase in the ability of employees to comply with the applicable provisions in the lending procedures and credit monitoring after disbursement.

Kata Kunci : Non Performing Loan, Account Strategy, Account Recovery, Restrukturisasi

  1. S2-2018-402280-abstract.pdf  
  2. S2-2018-402280-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-402280-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-402280-title.pdf