Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Fasilitas Kantor, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta
ADI TRI WIBOWO, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.
2018 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIKDalam mewujudkan suatu tata kelola pemerintahan yang baik khususnya instansi yang berhubungan langsung dengan organisasi pelayanan publik perlu adanya evaluasi dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja. Organisasi pelayanan publik yang efektif merupakan organisasi yang didalamnya memiliki sumber daya manusia dengan kinerja yang baik. Sebagai salah satu faktor yang menentukan baik atau buruknya suatu organisasi, sehingga diperlukan beberapa faktor guna menunjang sumber daya manusia (pegawai) tersebut. Pengembangan sumber daya manusia, fasilitas kantor, dan budaya organisasi merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan kinerja khususnya pegawai, karena ketiganya merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia, fasilitas kantor, dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. Hal ini dilatar belakangi karena belum optimalnya kinerja pegawai pada Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. Rendah atau belum optimalnya pegawai diasumsikan salah satunya dipengaruhi oleh faktor pengembangan sumber daya manusia, fasilitas kantor, dan budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) baik struktural maupun fungsional di Puskesmas Umbulharjo I. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin, dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala pengukuran skala Likert dan didukung dengan studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan menggunakan teknik uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan (bersama-sama) terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pengembangan sumber daya manusia, fasilitas kantor, dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Umbulharjo I, dengan kontribusi pengaruh sebesar 48,6%. Kemudian secara parsial terdapat pengaruh signifikan pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai. Sementara untuk variabel fasilitas kantor tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan untuk variabel budaya organisasi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta.
In realizing a good governance especially agencies that deal directly with public service organizations, we need an evaluation with the aim to improve performance. An effective public service organization is an organization which has human resources in good performances. As one of the factors that determine the strengths or weaknesses of an organization, it takes several factors to support the human resource (employee). The development of human resources, office facilities, and organizational culture are some factors that can improve the performance, especially employees, because the three are factors that affect the performance. The purpose of this research is to know the influence of development in human resource, office facilities, and organizational culture on employees performance of Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. This is because the employees performance of Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta is not optimum. Low or bad employee is assumed as one that is influenced by development factor in human resource, office facility, and organizational culture. This research used quantitative method with type of associative research. The population in this research were all civil servants (PNS) both structural and functional in Puskesmas Umbulharjo I. The sampling used Slovin formula, and sampling technique using probability sampling with simple random sampling technique. The data collection used questionnaires with Likert scale measurements and supported by documentation studies. Then the collected data was analyzed statistically by using regression test technique. The result of the research showed that there were significant influence of development in human resource, office facilities, and organizational culture on the employees performance in Puskesmas Umbulharjo I, with contribution of 48,6%. Also, there was partially a significant influence of development in human resource on employees performance. In office facilities variable, it was not proved to have a significant influence on employees performance. And, in organizational culture variable, it was proved to have a significant influence on employees performance in Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta.
Kata Kunci : pengembangan sumber daya manusia, fasilitas, budaya organisasi, dan kinerja