Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa Psikologi UGM
DARA FERLLIZA PERMATA RAHMAN, Asmadi Alsa, Prof. Dr., S.U.
2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIEfikasi diri akademik diperlukan bagi mahasiswa untuk mencapai prestasi akademik yang optimal. Terdapat sumber dari efikasi diri yang memiliki keterkaitan dengan aspek dukungan sosial. Sementara itu, dalam tahapan perkembangan remaja interaksi dengan teman sebayanya akan meningkat serta memberikan sejumlah fungsi efikasi yang penting. Maka dari itu, dukungan sosial teman sebaya dianggap memiliki hubungan yang positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik tentang hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan ukuran sampel 132 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada angkatan 2016. Analisis korelasi dengan product moment dari Pearson menunjukkan hasil yang berhubungan positif secara signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri akademik (r = 0,454, p <0,01)
Academic self-efficacy was required by college student to get the optimal academic achievement. There was the source of self-efficacy that related to the aspect of social support. Meanwhile, in adolescent stage of development their interaction with their peers will increase significantly and provides a number of important efficacy functions. Therefore, peer social support considered to have a positive correlation with academic self-efficacy in college student. The purpose of this research was to empirically examine the relationship between peer social support and academic self-efficacy in college student of Faculty Of Psychology Gadjah Mada University. The sampling in this study was done using simple random sampling with sample size of 132 of student college which first joined the faculty at 2016. Correlation analysis using pearson’s product moment show that peer social support has positively correlated with academic self-efficacy (r = 0,454, p <0,01)
Kata Kunci : teman sebaya, dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri, efikasi diri akademik, mahasiswa