Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI PT. ASURANSI CIGNA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI ASURANSI JIWA INDONESIA

SIGIT SUTIYOSO, Dr. Harsono, M.Sc

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Menurut Porter (1980), Strategi adalah kombinasi dari tujuan-tujuan yang akan dicapai dan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang akan diterapkan dalam mencapai tujuan tersebut. Perkembangan industri asuransi di Indonesia meningkat dengan pesat, dimana perkembangan industri perasuransian mulai tahun 2014 hingga 2015, mengalami pertumbuhan rata-rata yang mencapai lebih dari 2,7 persen. Hal ini juga terlihat dari pertumbuhan rata-rata yang terjadi di dalam nilai investasi dan premi yang masing-masing mengalami peningkatan sebesar 14,4 persen dan juga 21,0 persen. Data tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan positif yang terjadi di dalam bisnis asuransi. PT.Asuransi Cigna merupakan perusahaan asuransi jiwa yang tumbuh besar dari affinity business atau kemitraan baik perbankan atau non perbankan. Dengan mundurnya partner dari PT.Asuransi Cigna, Perusahaan harus tetap survive dengan mengembangkan internal bisnisnya. Melalui unlimited marketing dan face to face dimana database yang diperoleh tidak hanya terpaku dari perbankan namun PT. Asuransi Cigna juga harus bekerjasama dengan perusahaan penyedia database lainnya. Dengan kendala dalam strategi internal bisnis (UM/IM) bahwa data yang dihasilkan kebanyakan tidak memiliki kartu kredit (credit card), maka PT.Asuransi Cigna harus mengembangkan satu pola pembayaran baru, yaitu strategi payment gateway dengan bekerjasama melalui jaringan Finnet Telkom, Indomaret dan lain-lain untuk mempermudah kepesertaan nasabah dalam ikut program yang diadakan oleh PT.Asuransi Cigna. Dengan demikian untuk dapat bersaing dengan pesaing (Competitor), maka PT.Asuransi Cigna juga harus memiliki keunggulan bersaing dari strategi pengembangan produk baru yang menyesuaikan kebutuhan nasabah, pola pemasaran yang tepat ke masyarakat melalui media iklan dan didukung dengan teknologi yang unggul dalam menghubungi databased nasabah melalui PDS (Predictive Dialler System) yang saat ini belum di kembangkan oleh perusahaan asuransi jiwa lainnya serta menerapkan sistem alternative payment (payment gateway). Kata kunci : Strategi, PT. Asuransi Cigna, Databased, model unlimited marketing dan face to face, strategi payment gateway, PDS.

According to Porter (1980), strategy is a combination of objectives to be achieved and the policies to be applied in achieving that goal. The development of the insurance industry in Indonesia is growing rapidly, where the development of the insurance industry from 2014 to 2015, an average growth more than 2,79 percent. It is also evident from the average growth that occurred in the value of investments and premiums respectively increased by 14.4 percent and 21.0 percent. The data showed a positive growth that occurred in the insurance business. PT.Asuransi Cigna is a life insurance company that grew from the affinity business or business cooperation both banking and non banking. With the withdrawal of a partner from PT.Asuransi Cigna, The Company must survive by developing internal business. Through the unlimited marketing and face to face where the database is derived not only from banks but PT.Asuransi Cigna glued should cooperate with other database provider company. With the constraint that the data generated most do not have a credit card (credit card), then PT.Asuransi Cigna should develop a pattern of the new payments, the strategy of the payment gateway in cooperation with Finnet, Indomaret and others to facilitate the participation of customers in participating the program held by PT.Asuransi Cigna. Thus, in order to compete with competitors, PT.Asuransi Cigna must also have the competitive advantage of new product development strategy that adjusts customers' needs, proper marketing pattern to the public through advertising media and supported by superior technology in contacting customer databased through PDS (Predictive Dialler System) which is currently not developed by other life insurance companies and apply an alternative payment system (payment gateway).. Keywords: Strategy, Corporate PT.Asuransi Cigna, Model unlimited marketing and face to face, payment gateway strategy, PDS

Kata Kunci : Strategi, PT. Asuransi Cigna, Databased, model unlimited marketing dan face to face, strategi payment gateway, PDS.

  1. S2-2018-360858-abstract.pdf  
  2. S2-2018-360858-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-360858-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-360858-title.pdf