Analisis Atribut Keunggulan Utama Perusahaan dalam Penentuan Employee Value Proposition pada PT XYZ
MARTHA SIAHAAN, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A
2018 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan atribut utama PT XYZ ke dalam employee value proposition, yang menjadi nilai jual perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lain, khususnya kompetitor PT XYZ. Employee Value Propositon (EVP) bertujuan untuk membantu pemimpin perusahaan dalam menentukan arah perusahaan serta implementasi program perusahaan melalui beberapa aspek yang bertujuan untuk pencapaian keberhasilan bisnis. Setelah kajian terhadap beberapa jurnal yang telah dilakukan, Importance-Performance Analysis dipilih sebagai alat untuk pengolahan data penelitian yang paling sesuai dalam menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Analisis didasarkan pada 32 data kuesioner yang diperoleh dari sebagian karyawan PT XYZ. Perolehan data dari karyawan yang baru bergabung dan karyawan tetap yang memiliki nilai minimum pengukuran kinerja tahun 2016 adalah Meets Expectations. Hasil pengujian membuktikan bahwa: a) atribut utama perusahaan yang dirasakan karyawan terkait dengan atribut-atribut keunggulan yang dimiliki PT XYZ adalah Stabilitas Organisasi, Kualitas Rekan Kerja, dan Inovasi; b) atribut utama perusahaan yang diharapkan karyawan terkait dengan atribut-atribut keunggulan yang dimiliki PT XYZ adalah Kualitas Manajer dan Stabilitas Organisasi yang sudah dirasakan karyawan; namun atribut Kualitas Manajer diharapkan tetapi belum dirasakan karyawan; c) Employee Value Proposition yang ditentukan adalah Good Place to Work yang merupakan nilai perusahaan yang telah dimiliki PT XYZ. Dengan demikian, nilai perusahaan yang telah dimiliki sebelumnya akan dijadikan Employee Value Proposition PT XYZ dalam pencapaian keunggulan kompetitif.
The intention of this research is to identify and formulate main attributes of PT XYZ to Employee Value Proposition, for the company's value proposition as competitive advantage. Employee Value Proposition (EVP) helps Company's Leader to determine Company's direction and implemented in Company's program encompassing multiple aspect with ultimate goal for business success. Having gone through on several journals, Importance-Performance Analysis is the selected tools to manage research data which obtained first-hand via determined set of questions. Analysis based on 32 questionnaires obtained from Employees of PT XYZ. Data collected from new joiners and permanent employees that had Meets Expectations criteria in 2016 Performance Appraisal. The analysis results in: a) The main Company's attributes perceived by Employees of PT XYZ are Organization Stability, Co-Worker Quality, and Innovation; b) Company's main attributes expected by Employees of PT XYZ are Manager Quality and Organization Stability already perceived by Employees; however, Manager Quality is expected but yet to be perceived by Employees; c) The main Employee Value Proposition is Good Place to Work which is one of PT XYZ corporate value. Therefore, Employee Value Proposition can strengthen the competitive advantage of PT XYZ.
Kata Kunci : Employee Value Proposition, Importance Performance Analysis