Hubungan Dukungan Sosial Guru dan Efikasi Diri Akademik Terhadap Motivasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama dari Keluarga Menuju Sejahtera
MUHAMMAD ARIF FURQON, Dr. Budi Andayani, M.A., Psikolog
2018 | Tesis | S2 Psikologi ProfesiMotivasi akademik adalah salah satu faktor utama kesuksesan dalam menempuh pendidikan di sekolah dan faktor internal dan eksternal saling mempengaruhi variabel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dan efikasi diri terhadap motivasi akademik siswa dari keluarga menuju sejahtera. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama kelas VII dan VIII dengan latar belakang keluarga dari kelompok keluarga menuju sejahtera dan memiliki kartu menuju sejahtera.Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap motivasi akademik. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial, skala efikasi diri dan skala motivasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi akademik secara signifikan dipengaruhi oleh dukungan sosial dan efikasi diri akademik.
Academic motivation is one of main factors for being successful in achieving academic goals at schools and both internal and external factor influence this element. This study aims to verify the relationship between teacher social support from lower class family background and self-efficacy to students’ academic motivation in achieving academic goals at school. The subjects of the study are junior high school students of grade VII and VIII with lower class family card from goverments. Multiple regression analysis is utilizes to analyze the relationship between social support and self-efficacy toward academic motivation. The instruments used in the recent study are social support scale, self-efficacy scale and academic motivation scale. The result showed that academic motivation is significantly influenced by social support and academic self-efficacy.
Kata Kunci : Dukungan sosial, efikasi diri, motivasi akademik, KMS