KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILLS) PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN DIRI PESERTA DIDIK
Tri Na’imah, Dr. Toto Kuwato
2005 | Tesis | S2 PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan kecakapan hidup peserta didik antara yang diajar oleh guru yang memiliki kemampuan mengajar tinggi dengan yang diajar guru yang memiliki kemampuan mengajar rendah, serta hubungan disiplin diri dengan kecakapan hidup peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Swagaya 2 Purwokerto. Subjek penelitian berjumlah 125 peserta didik. Pengumpulan data tentang kecakapan hidup menggunakan instrumen sesuai dengan komponen kecakapan hidup yaitu skala kesadaran diri, tes kecakapan berfikir dan skala kecakapan sosial. Untuk mengungkap data kemampuan mengajar guru digunakan tes kemampuan mengajar guru dan pedoman observasi yang berbentuk rating scale, sedangkan untuk mengungkap data disiplin diri peserta didik digunakan skala disiplin diri. Bukti validitas dan reliabilitas alat ukur, tingkat kesulitan aitem dan tingkat daya beda aitem dihitung dengan menggunakan SPSS for Windows versi 10.5. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis varian 1-jalur dan analisis korelasi product moment dilakukan dengan SPS 2000 edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan hidup peserta didik yang diajar oleh guru yang memiliki kemampuan mengajar tinggi, lebih tinggi dengan sangat signifikan dibandingkan dengan kecakapan hidup peserta didik yang diajar oleh guru yang memiliki kemampuan mengajar rendah denga n t = 15.601 ; F = 243.406 ; db = 1/123 ; p = 0.000. Besarnya pengaruh kemampuan mengajar terhadap kecakapan hidup (life skills) peserta didik sebesar 66.4%. Selain itu ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin diri dengan kecakapan hidup peserta didik dengan harga r = 0.206 ; p= 0.020.
This research aimes to examine the difference in life skills between students taught by teacher with high teaching capability those by teachers with low teaching capability, and the correlation between self discipline with the life skills of students at Vocational High School of Swagaya 2 Purwokerto. The research subjects were 125 students. Data was collected using concerning the life skills was done using instruments which measured the components of life skills namely : self awareness scale, thinking skills test and social skills scale. To determine the data of teaching capability, this study applied teaching test capability and observation guidelines in the form of scale rating. As to determine the self-discipline of students, self-discipline scale was used. Computer program that is available for computation of validity and reliability instruments, items-difficulty test and items-different test, was measured with SPSS Windows version for 10.5. Hypothesis testing used analysis of variance and correlation analysis of product moment. The hypothesis was computed by using SPS 2000 by Sutrisno Hadi and Yuni Pamardiningsih. The result showed that the life skills of students taught by teachers with high teaching capability is very significantly better than those taught by low teaching capability teacher ( t= 15.601 ; F = 243.406; db = 1 / 123 ; p = 0.00). The impact of teaching capability to student’s life skills was 66.4%. The results also suggest that there was a positive and significant corelation between self-discipline and the life skills of students (r = 0.206, p = 0.020)
Kata Kunci : Kecakapan hidup, life skill, kemampuan mengajar, disiplin diri