Laporkan Masalah

Analisis Kendala-Kendala Potensial Pelaksanaan Pengadaan Peralatan Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta

PRIYONO, RACHMADJI (Adv.: Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA, MPM ), Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA, MPM

2013 | Tesis | S2 Magister Management

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran untuk menyiapkan peserta didik agar siap bekerja. Arah pengembangan pendidikan menengah kejuruan diorientasikan pada pemenuhan permintaan pasar kerja. Untuk melengkapi sarana dan prasarana serta untuk proses pembelajaran membutuhkan dana, yaitu dana yang didapat dari Pemerintah Pusat (disebut dana Block Grant) dan dana dari Pemerintah Daerah. Pencairan dana dan penggunaan dana harus mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Namun pada penggunaan dana tersebut terdapat kendalakendala pada tiap tahapan sehingga perlu untuk dianalisis. Dana APBN sudah bias dicairkan tanggal 1 Januari 2008 tetapi pada kenyataannya baru bisa ditransfer ke rekening SMK sekitar 6 bulan kemudian.

Dengan menggunakan Theory of Constraints (TOC) maka titik terlemah ada pada Policy Constraints, hal ini bisa diatasi dengan melakukan penjadwalan lebih awal, serta proses penetapan SMK sebagai penerima dana Block Grant agar sudah ditentukan pada tahun sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Theory of Constraints maka pencairan dana bisa dikurangi dari 6 bulan menjadi 3 bulan.

Vocational school has role to prepare student to work. The development of vocational school is to meet labour market demand. To complement facilities and for learning process needs grant supplied by central government (block grant) and Grant from local government. Grant claim and allocation must follow procedure and official rule, but problems appeat at each stage of grant allocation, so need be analysed. Government budget may has been used at 1 January 2008, but in fact it can only be transferred to vocational school account six months later.

By using Theory of Constraints (TOC), the weakest point is in policy constraints this can be solved by implementing earlier schedule, and process of vocationa; school appointed as Block Grant receiver should be attemped in previous year.

The result of research shows that by using Theory of Constraints grant claim period can be reduced from 6 months to 3 months

Kata Kunci : Black Grant, Theory of Constraints (TOC),

  1. S2-FEB-2009-Rachmadji_Priyono-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2009-Rachmadji_Priyono-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2009-Rachmadji_Priyono-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2009-Rachmadji_Priyono-Title.pdf