Laporkan Masalah

Strategi PT Pamapersada Nusantara Dalam Mempertahankan Posisi Sebagai Pemimpin Kontraktor Pertambangan Batubara di Indonesia

MARDIANTO, Adi, Eko Suwardi, Dr., M.Sc.

2008 | Tesis | S2 Magister Management

Karya tulis ini mempunyai dua tujuan. Pertama, mengidentifikasikan faktorfaktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada PT Pamapersada Nusantara (Pama). Kedua, mengevaluasi content strategi bisnis Pama dalam mempertahankan posisinya sebagai pemimpin kontraktor pertambangan batubara di Indonesia apakah sudah sesuai dengan konsep-konsep teori manajemen strategi. Bentuk penelitian yang dipilih merupakan penelitian deskriptif (descriptive research), yaitu berusaha memperoleh gambaran lengkap tentang lingkungan eksternal dan internal bisnis kontraktor pertambangan batubara dan strategi bersaing yang dimiliki oleh Pama. Sumber data berasal dari data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya dengan jalan mengadakan wawancara dan observasi secara langsung serta data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari berbagai sumber terkait dengan penelitian. Hasil analisis industri menunjukkan bahwa industri ini nampak tidak menarik karena tingginya intensitas persaingan industri maupun kekuatan tawar menawar dari pembeli. Pama mempunyai kekuatan internal yang penting dan mempunyai peluang untuk berada pada strategi agresif dalam mempertahankan posisi sebagai market leader. Pama harus membidik pasar yang lebih luas di dalam negeri dan di luar negeri dan melakukan diversifikasi usaha. Sebagai market leader dalam industri ada tiga strategi yang dapat dilakukan. Pertama, strategi untuk bertindak offensive. Pama akan tetap fokus kepada operasi penambangan batubara dengan mencari daerah operasional baru yang ada di dalam negeri dan di luar negeri. Kedua, fortify-anddefend strategy. Pama berusaha untuk mendapatkan kontrak untuk proyek berjangka panjang yang berskala besar, diversifikasi usaha dan dukungan dari United Tractors untuk membatasi penjualan alat-alat berat ke perusahaan kompetitor. Ketiga, muscleflexing strategy. Pama harus mengurangi biaya penggunaan BBM (solar), tire dan pengadaan suku cadang alat-alat berat yang merupakan ongkos yang tinggi dalam operasional di lapangan.

This thesis has two aims. First, to identify internal and external factors that effect on PT Pamapersada Nusantara (Pama). Second, to evaluate content of Pamas business strategy in maintaining its position as a market leader in mining contractor industry, whether it has been fitted the concepts and theories of strategic management. Descriptive research is chosen as the research form in order to get complete description of external and internal environment in mining contractor industry and Pamas competitive strategy. Sources of data consist of primary data and secondary data. Primary data was taken from direct interview and observation, secondary data was taken from many sources related with the research. The result of industry analysis shows that the industry is apparently not attractive because of its high level competition intensity and the bargaining power of the buyer. Pama has important internal strengths and chances to implement an aggressive strategy in order to maintain its position as the market leader. It should widen market, both inside and outside of the country and diversify business. As the market leader in the industry, three strategies can be done by Pama. First, offensive strategy. Pama should still be focus on coal mining operation by looking for new operation area. Second, fortify-and-defend strategy. Pama should try to get a new long term coal mining project, diversify business and also get support from United Tractors. Third, muscle-flexing strategy. Pama should reduce costs of fuel, tires and heavy equipment spare-parts.

Kata Kunci : PT Pamapersada Nusantara, Strategic Management, Market Leader.

  1. S2-FEB-2008-Adi_Mardianto-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Adi_Mardianto-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Adi_Mardianto-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Adi_Mardianto-Title.pdf