Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi bersaing PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Untuk menjadi Regional Champion Bank

HARTIANI, PUJI , Supriyadi, Dr., M.Sc.

2009 | Tesis | S2 Magister Management

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Sebagai bank terbesar, Bank Mandiri ingin mewujudkan visinya sebagai Regional Champion Bank {Bank terkemuka di wilayah Regional (Asia Tenggara)} pada tahun 2010. Untuk mencapai visi tersebut, tidaklah mudah dikarenakan Bank Mandiri dihadapkan pada pesaingan yang semakin ketat. Untuk mengetahui apakah strategi yang telah diimplementasikan masih sesuai dengan perkembangan perubahan lingkungannya maka Bank Mandiri perlu melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah diimplementasikannya. Namun sebelum melakukan evaluasi tentunya perusahaan harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap faktor external dan internal perusahaan karena faktor–faktor ini akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan perusahaan. Analisa terhadap faktor eksternal meliputi analisa terhadap lingkungan industri yang didasarkan pada 5 (lima) kekuatan persaingan oleh Porter (Porter, 1985), Driving Forces serta analisa terhadap faktor kunci sukses (Key Success Factors KSFs) perusahaan oleh Thompson dan Stricland (2008). Setelah itu peneliti menganalisa lingkungan internal yang meliputi pemasaran, produksi/operasional, teknologi, sumber daya dan keuangan. Dari hasil analisa terhadap faktor eksternal dan internal kemudian peneliti menganalisa posisi perusahaan dengan menggunakan analisa SWOT untuk mendapatkan kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan. Dari hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa Bank Mandiri memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan kelemahan dan ancamannya di dalam industry perbankan di Indonesia. Perolehan beberapa penghargaan oleh Bank Mandiri membuktikan bahwa Bank Mandiri telah diakui sebagai bank ternama diantara para kompetitornya dan ini merupakan suatu indikator bagi Bank Mandiri untuk dapat meraih visinya menjadi Regional Champion Bank.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk is the largest bank in Indonesian. As the largest bank, Bank Mandiri want to reach the vision as Regional Champion Bank in 2010. To reach that vision isn’t easy because Bank Mandiri is faced tighten competition. To find out whether the strategy of management that have been implemented are still fit the changes of environmental development, so Bank Mandiri necessary to evaluate the strategy of management that have been implemented, but before evaluate the company need to analysis external and internal factors because that factors affect decision making for company’s strategy. Analysis external factors that include analyse banking industrial environment based on Five Competitive Forces by Porter (Porter, 1985), Driving Forces and Key Success Factors analysis by Thompson and Strickland (2008). Afterwards, searcher analyse internal environment that cover marketing, production/operations, technology, human resources and finance. After doing analyse external and internal environment, then searcher analyse the company’s position using SWOT analysis to find out strength, weakness, threat and opportunity. From the result evaluate, it shows that Bank Mandiri's strength and opportunity is bigger than its weakness and threat in banking industrial in Indonesian. Many appreciation was received by Bank Mandiri, it is indicator that Bank Mandiri can achieve the vision to become Regional Champion Bank.

Kata Kunci : Regional Champion Bank, external and internal environment, Porters Five Forces, Driving Forces, Key Success Factors and SWOT analisys, analisa lingkungan eksternal dan internal

  1. S2-FEB-2009-PujiHartiani-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2009-PujiHartiani-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2009-PujiHartiani-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2009-PujiHartiani-Title.pdf