Laporkan Masalah

Perancangan Program Komputer Perhitungan dan Analisis Derailment

MUWAFIQURRAHMAN PRABOWO, Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D.

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia perkeretaapian Indonesia, faktor keamanan (safety) dan kenyamanan menjadi sangat penting. Derailment merupakan kejadian dimana kereta api keluar dari jalurnya disebabkan beberapa faktor baik sarana maupun prasarananya. Pada penelitian kali ini, dirancang sebuah program komputer yang akan menghitung nilai keamanan pada sebuah kereta api yang melalui jalur tertentu. Beberapa kejadian derailment yang telah diteliti dan digunakan dalam perancangan program komputer ini adalah derailment akibat snaking motion, transverse force, track twisting (off loading), rail rolling, serta perhitungan angka aman pada tikungan. Output yang dihasilkan adalah nilai angka aman kereta api pada stasioning yang diinputkan pada program. Program komputer ini disusun dengan bantuan program Unity. Program Unity ini menggunakan bahasa pemrograman C#. Formula yang digunakan berdasarkan studi literatur dan standar. Proses perhitungan dilakukan secara 2D pada bidang transversal. Hasil dari program setelah dilakukan validasi dengan hitungan manual dengan Microsoft Excel, didapatkan nilai error 0% untuk derailment akibat snaking motion, 0% untuk kejadian transverse defect, 0% pada kejadian track twisting, 0% untuk kejadian rail rolling, serta 0% pada jalur tikungan. Dari output hitungan didapatkan nilai keausan roda kereta yang masih dalam kondisi aman adalah pada saat nilai sudut flange/sayap roda kereta api (β) > 32 derajat.

With the growing of technology in train transportation field, safety and comfort factor become more important. Derailment is a case when a train went off the track caused by the train factor or the track factor (infrastructure). In this research, software built to count the safety value of the train trip on its track. Some derailment case had been researched such as derailment case caused by train snaking motion, transverse force, track twisting (off load), rail rolling and derailment case on curve track. The output of the software is the safety value of train trip on every stationing input in the software. This software was developed with Unity program. Unity program use C# program language. The formulas used in the program are the formulas from literature study and used standard. Calculation process done on 2D transversal field. The software output after being validated with the manual calculation using Microsoft Excel, result 0% error value for the derailment case caused by snaking motion, 0% error value for transverse defect factor, 0% error value for track twisting factor, 0% error value for rail rolling factor and 0% error value on curve track. From the output, also found that when the train wheel flange is still above 32 degree, the derailment ration is still low.

Kata Kunci : derailment, kereta api, safety, Unity, train

  1. S1-2017-346743-bibliography.pdf  
  2. S1-2017-346743-tableofcontent.pdf  
  3. S1-2017-346743-title.pdf