Formulasi Strategi Bersaing PT AXA Financial Indonesia Pasca Implementasi Undang-Undang No. 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian
KRISNA WIJAYA, Agus Setiawan, Drs., M.Soc.Sc., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 ManajemenMunculnya wacana terkait Single Presence Policy atau Kebijakan Kepemilikan Tunggal pada perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, pasca dikeluarkannya Undang-Undang No 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian membuat PT AXA Financial Indonesia perlu untuk memformulasikan strategi bersaing dengan melakukananalisis lingkungan makro, analisis lingkungan industri asuransi jiwa, analisis kondisi internal perusahaan, dan analisis Key Success Factors. Tujuan dari analisis tersebut untuk mengidentifikasi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan evaluasi dan penilaian yang dilakukan pada kondisi eksternal dan internal perusahaan, strategi bersaing generik PT AXA Financial Indonesia diformulasikan pada strategi fokus diferensiasi, yang meliputi diferensiasi pada keunggulan dalam variasi channel pembayaran dan digitalisasi pembayaran untuk mendukung kemitraan yang luas dengan berbagai pihak dalam melayani pasar dengan sasaran yang spesifik secara fokus.
Single Presence Policy becoming the most anticipated topic regarding implementation ofUndang-Undang No 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Following to this, PT AXA Financial Indonesia is required to formulate its competitive strategy by performing macro environment analysis, life insurance industry analysis, internal company analysis, and Key Success Factors analysis. The purposes of these analysis is to identify company opportunities, threads, strengths, and weaknesses. Based on the evaluation and assessment of the company external and internal analysis, PT AXA Financial Indonesia competitive generic strategy is formulated as focus differentiation strategy, covering on the differentiation of various payment channel and digitalization initiatives to support strong partnership in servicing specific market with focus.
Kata Kunci : external analysis, internal analysis, strategy formulation, competitive generic strategy