Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PERUSAHAAN SANITASI PT. STERINDO MEDIKA

Fuk Liang, Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand Merc, Ph.D

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

INTISARI Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu membuat pengembangan model bisnis PT. Sterindo Medika yang telah berdiri sejak tahun 2013 dan memakai pendekatan kanvas model bisnis yang tergambarkan dalam komponen sembilan blok bangunan yaitu Segmentasi Pelanggan, Proposisi Nilai, Saluran, Hubungan Pelanggan, Arus Pendapatan, Sumber Daya Kunci, Aktifitas Kunci, Mitra Kunci dan Struktur Biaya. Analisa mengenai model bisnis PT. Sterindo Medika ini dipadukan dengan hasil analisa tentang persepsi pelanggan yang didapatkan melalui kegiatan diskusi grup terarah dan analisa peta empati yang terdiri dari: Apa Yang Pelanggan Lihat?, Apa Yang Pelanggar Dengar?, Apa Yang Pelanggan Pikir dan Rasakan?, Apa Yang Pelanggan Ucapkan dan Lakukan?, Apa Yang Pelanggan Takutkan?, Apa Yang Pelanggan Inginkan?. Analisis tentang persepsi pelanggan yang di dapat melalui peta empati ini selanjutnya menjadi pedoman utama dalam merumuskan pengembangan model bisnis PT. Sterindo Medika ke depan. Berdasarkan analisa dari kegiatan diskusi kelompok terarah terhadap 6 orang responden pensiunan tenaga Pengendali dan Pencegahan Infeksi (PPI) di Rumah Sakit, didapatkan konsep pengembangan model bisnis PT. Sterindo Medika pada Mitra Kunci, Arus Pendapatan dan Struktur Biaya. Proses mengajak tenaga pensiunan PPI untuk tetap aktif dalam memberikan pelatihan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi kepada team PPI di Rumah Sakit seluruh Indonesia memerlukan konsistensi dan tindak lanjut yang terus menerus.

ABSTRACT This research has the main purpose: to make development of business model: PT. Sterindo Medika which has been founded since the year of 2013 using canvas approach of business model depicted in nine components of building blocks which are: Customer Segmentation, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Income Flow, Key Resources, Key Activity, Key Partner, and Cost Structure. This analysis on business model: PT. Sterindo Medika is combined with analysis result on customer perception obtained through focused group discussion activity and empathy mapping analysis consisting of: What the Customers see, What the Customers hear, What the Customers think and feel, What the Customers say and do, What the Customers worry about,What the Customers want. The analysis on customer perception obtained through this empathy mapping, further becomes the main guidance in formulating business model development of PT. Sterindo Medika in the future. Based on analysis of focused group discussion activity to 6 respondents: retired of PPI (Pengendalian dan Pencegahan Infeksi/Infection Control and revention) in Hospital, the concept of business model development of PT. Sterindo Medika is obtained from Key Partner, Income Flow and Cost Structure. Process to invite retired of PPI to be active in giving training on infection prevention and control to the team of PPI in Hospital all over Indonesia, needs consistency and continuous follow-up.

Kata Kunci : PT. Sterindo Medika, Business Model, Business Model Canvas, Empathy Mapping, PPI

  1. S2-2017-376127-abstract.pdf  
  2. S2-2017-376127-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-376127-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-376127-title.pdf