PERANCANGAN BISNIS Online Platform Agribisnis Terintegrasi AGRO Dairy Product
Dwi Handri Kurniawan, Hargo Utomo, Dr., M.B.A.,
2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTAAnalisis data konsumsi pangan Riskesdas 2010 (Hardinsyah dkk, 2012) menunjukkan rata-rata proporsi konsumsi energi dari lemak penduduk Indonesia saat ini sekitar 25-29% dari total konsumsi energi. Secara umum kondisi AMDR (Acceptable Macronutrient Distribution Range) penduduk Indonesia ini menunjukkan rendahnya konsumsi protein dan cenderung tinggi karbohidrat dan lemak. Sementara itu data statistik Badan Ketahanan Pangan, Kementrian Pertanian tahun 2014, bahwa produksi pangan hewani dalam bentuk daging sapi dan daging ayam adalah sebesar total 2.478 ton, mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sejak tahun 2010. Hal ini menunjukkan bahwa tidak meratanya distribusi bahan pangan tersebut di beberapa daerah di Indonesia. Platform AGRO merupakan solusi bisnis berbasis teknologi informasi yang dikembangkan untuk membantu pemerataan proses distribusi secara digital untuk produk-produk pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Solusi ini didukung dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia serta semakin tingginya kesadaran masyarakat akan mudah dan praktisnya berbelanja online, sehingga dapat dilihat urgensi yang meningkatkan potensi bisnis ini sehingga layak untuk dipertimbangkan, salah satunya adalah ikut serta dalam mendukung pemerintah dalam melaksanakan program perbaikan gizi dengan meningkatkan konsumsi protein nasional. Berdasarkan masalah serta potensi yang ada penulis melakukan analisa dengna tujuan perancangan cetak biru solusi platform AGRO berbasis aplikasi web dan mobile yang berfokus kepada distribusi frozen dairy product. Pendekatan yang digunakan penulis adalah dengan membuat 9 blok model bisnis kanvas platform AGRO, untuk melihat secara ringkas bagaimana bisnis ini berjalan dan interaksinya dengan komponen-komponen yang ada, selain itu dibuatkan pula empathy map untuk mengetahui apa yang dialami oleh calon pelanggan, kemudian penulis menuangkannya ke dalam analisis fungsional rencana bisnis yang terdiri dari rencana operasi, rencana pemasaran, rencana keuangan serta rencana sumber daya manusia sehingga tersusunlah rencana bisnis yang komprehensif sebagai acuan pengembangan platform AGRO. Atas analisa dan perancangan rencana bisnis ini diperoleh kesimpulan bahwa: Potensi bisnis dilihat dari aspek pasar, platform AGRO ini dapat dikembangkan di kota-kota besar di Indonesia dengan asumsi pertumbuhan ekonomi yang baik serta peningkatan jumlah penduduk, serta dilihat dari aspek finansial dengan skenario normal bisnis platform AGRO memiliki tingkat ROI/Payback Period yang cukup baik yaitu selama 3,3 tahun IRR sebesar 38% dengan total nilai investasi sebesar Rp. 567.260.000, sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis ini layak untuk dilakukan.
Based on the 2010 Food Consumption Data Analysis by Riskesdas (Hardinsyah dkk, 2012), the average proportion of energy from fat consumption by Indonesians are ranging in 25-29% of the total energy consumption. In general, the Acceptable Macronutrient Distribution Range or AMDR shows that Indonesians tend to consume more carbohydrate and fat instead of protein. On the other hand, statistical data from Ministry of Agriculture of The Republic of Indonesia in 2014 stated that the production of beef & poultry based food reached a total of 2.478tons, numbers that has increased since 2010. This shows that there is still uneven amount of distribution on those animal-based foods throughout Indonesia. AGRO is a IT based business solution, developed to help creating a fair and even distribution of high-quality food distribution. In line with the massive growth of internet users in Indonesia, and the changing shopping habits of them, the urgency of creating such solution also increases. This too, also helps the government in creating awareness on their good nutrient and protein consumption campaign. Research and analysis on this thesis are based on the facts that are stated above, in hopes that this thesis will help to create a blue print of an app and web solution platform that is AGRO, focusing on the even distribution of frozen dairy product. The approach of this research is by creating 9 blocks of Business-Canvas model of AGRO, in order to briefly sees how the business runs and the interaction it creates with the available components. An Empathy Map is also available to analyse future customers experiences, to then processed through functional business plan, consisting of operational plan, marketing plan, financial plan and, human resources plan. Through that, a comprehensive business plan is created, as a total guide of the development of AGRO. Through these carefully crafted and business analysis and plan, it is conclusive to say that: Seeking through its marketability, AGRO holds a major development chances in many big cities in Indonesia. With the assumption of good and stable economic and population growth, AGRO has a good level of ROI/Payback Period, that is a 38% of IRR in 3.3 years, with total investment of IDR 567.260.000, so it is conclusive to say that this business is good to go.
Kata Kunci : eCommerce, rencana bisnis, distribusi produk pangan, rancangan aplikasi