PERAN EMPATI DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA DINI
HIMATUL ULYA, Dr. Wisjnu Martani, S.U.
2017 | Tesis | S2 PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dan jenis kelamin dengan perilaku agresif pada anak usia dini. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang berusia 4-6 tahun yang sedang menempuh pendidikan di Taman Kanak-kanak. Subjek berjumlah 44 anak yang terdiri dari 23 anak laki-laki dan 21 anak perempuan. Empati diukur menggunakan teacher behavior rating form (TBRF) yang dimodifikasi dari TBRF yang disusun oleh Jacob (2005). Sedangkan perilaku agresif anak diamati menggunakan behavior checklist yang disusun berdasarkan kategori perilaku agresif dari Ostrov & Keating (2004) yaitu perilaku agresif fisik, verbal, nonverbal, dan relasional. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan dummy variable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran empati dan jenis kelamin terhadap perilaku agresif pada anak usia dini. Empati dan jenis kelamin secara simultan dapat berperan dalam memprediksi perilaku agresif anak. Empati juga berkorelasi negative dengan perilaku agresif yang berarti bahwa semakin tinggi empati anak maka semakin rendah perilaku agresifnya. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah empati anak maka semakin tinggi perilaku agresifnya. Dalam penelitian ini juga ditemukan tipe perilaku agresif yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan berbeda berdasarkan nilai mean. Anak laki-laki cenderung melakukan perilaku agresif fisik, sedangkan anak perempuan cenderung melakukan perilaku agresif verbal, nonverbal, dan relasional.
This study aims to determine the correlation between empathy and gender with aggressive behavior in early childhood. Subjects in this study were early childhood aged 4-6 years who were educated in kindergarten. Subjects total are 44 children consisting of 23 boys and 21 girls. Empathy was measured using Teacher Behavior Rating Form (TBRF) which modified from TBRF arranged by Jacob (2005). Whereas aggressive behavior of children was observed using behavior checklist which was arranged based on aggressive behavior category from Ostrov& Keating (2004) that is physical aggressive behavior, verbal, nonverbal, and relational. The data obtained were analyzed using multiple regression analysis with dummy variable. The result of this study indicates that there is a relationship among empathy, gender, with aggressive behavior in early childhood. Empathy and gender can simultaneously predict aggressive behavior of children. Empathy is also negatively correlated with aggressive behavior which means that the higher the empathy of the child the lower the aggressive behavior. Conversely,the lower the empathy of the child,the higher the aggressivebehavior. In this study also found that gender with aggressive behavior has no significant correlation, but there are different types of aggressive behavior committed by boys and girls. Boys tend to engage in aggressive physical behavior, while girls tend to engage in relational aggressive behavior.
Kata Kunci : empathy, gender, aggressive behavior, early childhood