RENCANA DAN MODEL BISNIS SALON DAN SPA E-CANTIK MENGGUNAKAN KANVAS MODEL BISNIS
RIKA, BM Purwanto Dr., M.B.A
2017 | Tesis | S2 ManajemenKesehatan dan kecantikan sudah menjadi salah satu bagian gaya hidup modern sekarang ini. Kebutuhan untuk tampil menarik menjadi salah satu standar dalam proses sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Perempuan Jakarta, khususnya para pekerja dan mahasiswa membutuhkan tempat relaksasi untuk menjaga kesehatan serta kecantikan. Gaya hidup inilah yang membuat target pasar semakin luas dan semakin banyak orang yang terjun dan membuka usaha dibidang salon dan spa. Disamping itu, kemacetan di Jakarta membuat konsumen mengharapkan layanan yang tidak perlu membuang waktu, menciptakan peluang bisnis dengan aplikasi daring yang memanjakan pelanggan dengan hanya dengan penggunaan e-dagang melalui telepon genggam layanan jasa spa bisa hadir ke rumah pelanggan. Tesis ini melakukan analisis SWOT, PESTEL, Porters Five Forces, Patok Duga dan menemukan Faktor Sukses Kunci untuk mendesain model bisnis kanvas yang didasari oleh Peta Empati. Berdasarkan model bisnis tesis ini akan membuat rencana bisnis salon dan spa E-Cantik. Dengan menjalankan strategi yang tepat, E-Cantik berusaha memberikan layanan salon dan spa yang hadir langsung di rumah pelanggan yang menawarkan harga yang terjangkau dan kualitas yang memuaskan. Potensi bisnis ini sangat menjanjikan, dari hasil proyeksi keuangan model pesimistik, best dan optimistik menunjukan IRR, NVP, dan Payback Periode yang bagus.
Health and beauty have become a part of modern lifestyle today. The need to look attractive becomes one of the standards in socializing with the surrounding environment. Jakarta women, especially workers and students, need gym to maintain health and beauty for relaxation and to improve appearance. This lifestyle broadens target market and cause more people to open a business in the field of salons and spas. In addition, traffic in Jakarta makes consumers expect time-efficient which creating business opportunities with online applications through smartphone services that can come to the customer's house. This thesis conducted SWOT, PESTEL, Porter's Five Forces, Benchmark analysis and found Key Success Factors to design a canvas business model based on Empathy Map. Based on this thesis business model, business plan of E-Cantik salon and spa is constructed. E-Cantik offers salon and spa service that comes directly at customers' homes with affordable prices and satisfactory quality. The potential of this business is very promising according to the results of financial projection of pessimistic models, best and optimistic show IRR, NVP, and good Payback Period.
Kata Kunci : spa, gaya hidup wanita, model bisnis kanvas, rencana bisnis