BUSINESS ALIGNMENT: MEMBANGUN KESELARASAN BUSINESS INTELLIGENT DENGAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN GROUNDED THEORY STUDI PADA PT LSCT
ABUL ASWAD, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.,
2017 | Tesis | S2 ManajemenTujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan proses dalam membangun kerangka kerja pengembangan business intelligence agar selaras dengan tujuan bisnis. Kemudian untuk memahami komponen dari strategi business intelligence:hubungan strategis antara BI dan bisnis, isi strategi, faktor penentu keberhasilan dan metoda yang ideal. Latar belakang teoretis dan metoda penelitian membahas kerangka strategis keselarasan dan manajemen informasi. kerangka teori yang diusulkan menggabungkan teori Strategic Alignment Model (SAM) oleh Henderson dan Venkatraman (1999) dan perluasannya oleh Maes (1999) untuk menganalisis keselarasan strategis. Diamond Model dari manajemen informasi oleh Kaario dan Peltola (2008) digunakan untuk menentukan komponen strategi business intelligence. Faktor penentu keberhasilan BI oleh Yeoh dan Koronios (2010) dan fase action research oleh Baskerville dan Wood-Harper (1996) menyusun proses pembangunan. Dalam action research, bangunan teori dan pemecahan masalah praktis dilakukan secara bersamaan. Studi empiris didasarkan pada data yang dikumpulkan dalam observasi, wawancara dan pertemuan dalam perusahaan yang menjadi objek penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan metode grounded theory: open coding dan axial coding. Temuan dan kesimpulan pengembangan business intelligence berdasarkan teori dan menyesuaikan dengan temuan empiris, yang merupakan kontribusi utama dari tesis ini. Berdasarkan hasil empiris, komponen "Peran" dilabel ulang menjadi "Pengetahuan". Kesimpulan lain menyangkut komunikasi antara business intelligence dan pengguna untuk menekankan pengembangan jangka pendek dahulu kemudian jangka panjang.
The purpose of this study is to elaborate the process in building business intelligence development framework to align with business objectives. Then to understand the components of business intelligence strategy: strategic relationship between BI and business, content strategy, critical success factors and ideal method. Theoretical background and research methods discuss the strategic framework of alignment and information management. The proposed theoretical framework incorporates the theory of Strategic Alignment Model (SAM) by Henderson and Venkatraman (1999) and its extension by Maes (1999) to analyze strategic alignment. The Diamond Model of Information Management by Kaario and Peltola (2008) is used to define the components of business intelligence strategies. The determinants of the success of BI by Yeoh and Koronios (2010) and the phase of action research by Baskerville and Wood-Harper (1996) devised a development process. In action research, theory building and practical problem solving are done simultaneously. Empirical studies are based on data collected in observations, interviews and meetings within the company that are the object of research. Data were analyzed using grounded theory method: open coding and axial coding. The findings and conclusions of business intelligence development based on the theory and adapting to the empirical findings, which is the main contribution of this thesis. Based on the empirical results, the "Roles" component is re-labeled to "Knowledge". Another conclusion concerns the communication between business intelligence and users to emphasize short-term and long-term development first.
Kata Kunci : Strategic alignment, action research, Business Intelligence.