Laporkan Masalah

Efektivitas Penggunaan Media Komik terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Anemia pada Siswa SMP Muhammadiyah Pleret

YUYUN FEBRIANTI, Sari Hastuti, S.ST., M.PH;Mumtihana Muchlis, S.ST.,M.Kes

2017 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIK

Latar Belakang Di Indonsia prevelensi anemia menunjuk kan bahwa sebesar 21% remaja putra dan 30% remaja putri menderita anemia. Anemia pada remaja dapat menimbulkan berbagai dampak antara lain menurunkan daya tahan tubuh, menurunnya aktivitas dan menurunnya konsentrasi. Akibat jangka panjang penderita anemia pada remaja putri saat dewasa adalah ketika hamil. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya anemia adalah tingkat pengetahuan. tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik terhadap tingkat pengetahuan tentang anemia pada siswa SMP Muhamadiyah Pleret. Metode: Metode dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimental dengan desain non Equivalent control group design. Besar sampel sebanyak 58 responden, dengan teknik pengambilan sampel proportionate rondom sampling.Penelitian ini menggunakan data primer. Alat pengumpul data menggunakan lembar lembar kuisioner. Analisi data dilakukan secara univariabel dan bivariabel dengan uji independent sample t test dan dependent sample t test. Hasil : Nilai mean pada kelompok eksperimen adalah 50,79 meningkat menjadi 84,06 setelah dilakukan intervensi denga p value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen.Nilai mean pada kelompok kontrol adalah 48,8 meningkat menjadi 79,0 setelah dilakukan intervensi dengan p vvalue 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan juga pada kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki selisih 33,2 sebelum dan sesudah dilakukan intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki selisih 30,2. Hasil uji independent sample t test pada nilai posttest kedua kelompok didapatkan p value 0,001 < 0,05 dengan hasil uji pretetst kedua kelompok setara. Skor pada pretest menunjukkan p value 0,532. Hasil uji gain pada kelompok eksperimen 0,80 (> 0,7) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,60 (< 0,07) yang berarti efektivitas media komik lebih tinggi dibandingkan media leafleat.

Background : In Indonesia the prevalence of anemia shows that 21% of young men dan 30% of young women suffer from anemia. Anemia in adolescents can cause various effects such as decreased endurance, descreased activity and descreased concentration.The long-term consequences of anemia in adolescent girl during adulthood is when pregnant. One of the factors that causes anemia is the level of knowledge. Purpose : This study aims to determine the effectiveness of the use of comic media to the level of knowledge about anemia in students of SMP Muhammadiyah Pleret. Method : TThis research method is Quasy Eksperimental with nonequivalent control group design.Large sample 0f 58 respondents, with proportionate sampling technique. This study uses primary data. The data collection tool uses aquestionnaire sheets. Data analysis was done univariabel and bivariabel with independent sample t tets and dependent saple t test. Result : The mean value in the experimental group was 50,7 increasing to 84,06 after intervention with p value 0,000 < 0,05 indicating a significant increase in the experimental group. The mean value in the control group 48,8 increasing to 79,03 after intervention with p value 0,000 < 0,05 which showed a significant improvement in the control group too. The experimental group had a difference of 33,2 before and after intervention while in the control group had a defference of 30,2. Independent sample t test for posttest's score of two group showed p value 0,001 < 0,05, with pretest's scorefrom both of the groups were equal p value 0,532. while the result of gain analysis in experimental group was 0,80 (> 0,7) and the control group was 0,60 (<0,7). Which means the effectiviness of comic media is higher than leafleat media.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,komik,pengetahuan tentang anemia / lerning media,comic, knowledge about anemia

  1. D4-2017-321292-abstract.pdf  
  2. D4-2017-321292-bibliography.pdf  
  3. D4-2017-321292-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2017-321292-title.pdf