Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA INDUSTRI BAKPIA WARIS SLEMAN

YUSUF ADI MAULANA, Wildan Fajar Bachtiar, ST., Ms

2017 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRI

Bakpia merupakan salah satu makanan khas kota Yogyakarta yang menjadi pilihan para wisatawan sebagai oleh-oleh.Bakpia adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Bisnis bakpia sangat memiliki potensi, karena bakpia adalah salah satu makanan oleh-oleh khas Yogyakarta yang pasti selalu dan wajib di beli oleh turis domestic maupun mancanegara. Bakpia waris merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang pengolahan bakpia, dimana industry tersebut terletak di daerah pinggiran kota atau perbatasan antara kabupataen sleman dan kota Yogyakarta tepatnya beralamat di Karanganyar Sinduadi Mlati Sleman. Untuk mengembangkan strategi pemasaran dalam suatu perusahaaan perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Opportunities, Weakness, dan Threats). Kekuatan dari Bakpia Waris meliputi Kualitas produk yang baik, lokasi dekat dengan perkotaan, produk memiliki banyak varian rasa, harga terjangkau dan produk tidak menggunakan BTP.Peluang pada Bakpia Waris meliputi industri sudah berdiri lama, industri sudah dikenal wisatawan, akses jalan masuk mudah di jangkau, banyak diburu wisatawan.Ancaman dari bakpia waris sendiri meliputi kenaikan harga bahan bakar, kenaikan harga bahan baku dan pesaing industri bakpia semakin banyak.Kelemahan bakpia waris meliputi produk tidak tahan lama, alat produksi masih manual, penjualan pada satu tempat dan belum memiliki cabang.

Bakpia is one of the specialties of Yogyakarta is the choice of the tourists as souvenirs oleh.Bakpia is one of the traditional foods that have great potential to be developed. Business bakpia really has potential, because bakpia is one of the foods typical souvenirs of Yogyakarta, which must always and must be purchased by domestic and foreign tourists. Bakpia Waris is one of the industries engaged in the processing bakpia, where the industry is located in a suburban area or the border between Sleman and Yogyakarta kabupataen precisely located at Kar anganyar Sinduadi Mlati Sleman. To develop a marketing strategy firms need to know a few things first is by using SWOT analysis (Strengths, Opportunities, Weaknesses, and Threats). Strengths of Bakpia Waris include product quality is good, the location is close to urban areas, the product has a lot of flavors, affordable prices and the product does not use BTP. Opportunity on Bakpia Waris covering industry has been long established, the industry is already well known to tourists, easy access road in reach, much sought wisatawan. Threats of heir own bakpia include rising fuel prices, rising raw material prices and competitor bakpia industry increasingly banyak. Weakness of Bakpia Waris includes perishable products, means of production is still manual, sales in one place and not have branches.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Bakpia, Bakpia Waris

  1. D3-2017-321472-abstract.pdf  
  2. D3-2017-321472-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-321472-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-321472-title.pdf