Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Tempe Berbahan Kedelai Lokal Menggunakan Analytical Hierarchy Process
LAELA KATERINA SARI, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Si ; Dr. Atris Suyantohadi, S.TP., M.T
2017 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANTempe dikalangan masyarakat semakin populer, hal ini tidak terlepas dari cita rasa yang enak dan manfaat kesehatan yang diberikan sangat baik untuk tubuh. Semakin tingginya permintaan konsumen terhadap produk tempeyang diiringi kesadaran akan kesehatan,produsen dituntut untuk menciptakan produk tempe yang sehat yaitu berbahan kedelai lokal. Tempe kedelai lokal yang ada di Yogyakarta diantaranya terdiri dari dua macam yakni produk tempe kedelai lokal X dan produk tempe kedelai lokal Y. Produsenperlu mengetahui selera konsumen dalam menentukan pilihan suka atau tidak suka pada produk tempe kedelai lokal tersebut agar produknya tetap bertahan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis urutan prioritas atribut dan sub atribut pilihan konsumen dalam memilih tempe kedelai lokal dan mengetahui preferensi konsumen terhadap alternatif produk tempe kedelai lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analitycal Hierarcy Process. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 respondenyang mewakili tingkat populasi di Sleman, Yogyakarta, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian ini diketahui bahwa yang menjadi urutan prioritasatribut dan sub atribut pilihan konsumen dalam memilih tempe kedelai lokal adalah rasa dengan sub atribut rasa gurih bobot prioritas sebesar 61,4%, aroma dengan sub atributaroma kedelai kuat bobot prioritas sebesar 58,4%, tekstur dengan sub atribut tekstur padatbobot prioritas sebesar 45,7%, harga dengan sub atributkesesuaian harga dengan karakteristik khusus dengan bobot prioritas sebesar 50,2%, kemasan dengan sub atribut kemasan daun pisang dengan karton bobot prioritas sebesar 56,4%,dan ukuran produk dengan sub atributukuran sedang dengan bobot prioritas sebesar 56,8%, sedangkan alternatif pilihan produk tempe kedelai lokal yang sesuai dengan preferensi konsumenadalah produk tempe kedelai lokal X, dengan bobot prioritas sebesar 0,502.
Tempe is very popular in the society, it has a good taste and the health benefit that is very good for body. The higher consumers demand tothe product of tempe, which is accompanied by health awareness, the producers are required to produce the healthy tempe products made from local soy. The kind of the local tempe soy in Yogyakarta, there arelocal soy tempe product X and local soy tempeproduct Y. The producers must understand consumers sense to determine like or dislike choice with the local tempe products itself, so their products are remain. The purposes of this research are to analysis the main attribute and sub atrribute selected by consumer to choose the local tempe product and to understand the consumer preference to the alternative local tempe product through main priority factors. The method in this research is Analitycal Hierarcy Process. To collect the data, the researcher utilizes questionnaire to 100 respondents in Sleman Yogyakarta, the sampling technique used is purposive random sampling. The results of this research showed that the main attribute selected by consumer to choose the local tempe product is taste with delicious taste sub attribute weight priority of 61,4%, aroma with the strong aroma of soybean subattribute weight priority of 58,4%, texture with the dense texture sub attribute weight priority of 45,7%, price with appropriate price about special characteristic sub attribute weight priority of 50,2%, package with banana leaf with carton package subattribute weight priority of 49,2%, and size of the product with medium size subattribute weight priority of 56,8%,but the alternative local tempe product that the most appropriate of consumers preference is local soy tempe product X it is 0,502.
Kata Kunci : preferensi konsumen, tempe kedelai lokal, Analytical Hierarchy Process, consumer preference, local tempe, Analytical Hierarchy Process