STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIE DES DI DESA SRIHARDONO KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL
VENITA CANDRAWATI, Dr. Jamhari, SP., MP.; Dr.Ir. Suhatmini Hardyastuti, SU.
2017 | Skripsi | S1 SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGROBISNIS)Kemiskinan merupakan masalah utama di Kabupaten Bantul. Pemerintah Daerah berupaya mengadakan program pengentasan kemiskinan melalui pengembangan potensi lokal desa. Desa Srihardono Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul memiliki potensi sumber daya manusia yang pandai membuat Mie Des, yaitu mie yang terbuat dari tepung tapioka. Pengembangan usaha Mie Des diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga kemiskinan dapat ditekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi usaha Mie Des, mengetahui posisi strategis usaha Mie Des, dan merumuskan strategi prioritas pengembangan usaha Mie Des. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha Mie Des diperoleh dengan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal. Posisi strategi usaha Mie Des diperoleh dengan menggunakan Diagram Analisis SWOT. Strategi prioritas pengembangan usaha Mie Des diperoleh dengan menggunakan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha Mie Des antara lain 1) faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan; 2) faktor ekternal yang meliputi peluang dan ancaman. Posisi strategis usaha Mie Des berada di kuadran I yaitu strategi agresif dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk meraih peluang. Strategi prioritas pengembangan usaha Mie Des adalah strategi S-O (Strength-Opportunity) dengan meningkatkan produksi, produktivitas, dan inovasi produk; mengoptimalkan peran kelompok usaha; memperluas jangkauan pemasaran melalui internet dan jasa pemasaran; dan merealisasikan desa wisata kuliner Mie Des khas Pundong, Bantul.
Poverty is the main problem in Bantul. Goverment try to establish poverty alleviation programs through development of village local potentials. Srihardono Village Pundong Subdistrict Bantul District hasa potential of human resources who are good at making Mie Des, the noodles made from tapioca starch. Mie Des business development is expected to improve the welfare of the community so that poverty can be suppressed. This research is purposed to know the factors that affectMie Des business, to know the strategic position of Mie Des business, and to formulate the prioritized development strategy of Mie Des business. The analysis method used is SWOT analysis. The factors that can affect Mie Des business are obtained by internal environmental analysis and external environmental analysis. The strategic position of Mie Des business is obtained by using SWOT Analysis Diagram. The prioritized development strategy of Mie Des business is obtained by using SWOT Matrix. The results of this research showed that the factorsthat can affect Mie Des business are 1) internal factors that include strengths and weaknesses 2) external factors that include opportunities and threats. The strategic position of Mie Des business is in the first quadrant (I) which is aggressive strategy that takes advantages of the opportunities by using the strengths. The prioritized development strategy of Mie Des business is S-O Strategy (Strength-Opportunity). This can be done by improve production, productivity, and product inovation; optimize the role of business group; expand market share through internet and marketing services; and release culinary excursion of Mie Des in Pundong, Bantul.
Kata Kunci : strategi, pengembangan usaha, Mie Des, SWOT