PEMBUATAN TOUR PACKAGES BAGI WISATAWAN IRAN DI BALI MELALUI BALI CERIA TOURS & TRAVEL
NADIA ANDINA, M.Sidiq Wicaksono, S.E.,M.sc
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVBali Ceria Tours and Tavel merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang perjalanan wisata. Perusahaan ini memiliki dua market, yaitu Malaysia dan Iran. Market Iran di Bali Ceria Tours and Tavel tidak memilik paket wisata. Sehingga tujuan dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk memberi masukan kepada Bali Ceria Tours and Tavel untuk membuat paketan wisata. Karena adanya paket wisata sangat membantu kelancaran wisata para Mushafir selama di Bali. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode Kualitatif yaitu observasi dan wawancara dengan pihak Bali Ceria Tours and Tavel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya paket wisata sangat membantu Mushafir (wisatawan Iran) keika berwisata di Bali. Asil penelitian tersebut menghasilkan tiga pertanyaan penelitian yaitu, Bagaimana Prosedur reservasi tour oleh Mushafir (wisatawan Iran) di Bali Ceria Tours and Travel, atraksi apa yang paling digemari oleg Mushafir, dan Baaimana paket wisata yang disarankan bagi Mushafir (wisatawan Iran) . Penyelesaian masalah dalam Tugas Akhir ini dilakukan dengan menjawab tiga pertanyaan penelitian, yang pertama bahwa prosedur reservasi tour oleh Mushafir di Bali Ceria Toura and Travel ditangani oleh tiga bagian yaitu General Manager, Reservation staff of Iranian Market, dan Operation staff of Iranian Market. Pertanyaan kedua adalah atraksi yang paling digemari, menurut data selama musim Nourooz bulan Maret 2017 adalah Bali Safari and marine park. Yang ketiga adalah paket wisata yang disarankan untuk Mushafir (wisatawan Iran) dibagi menjadi dua yaitu family packages dan Advanture Packages
Bali Ceria Tours and Travel is a travel company. This company has two kind of markets such as Malaysian and Iranian. There is not tour packages for Iranian Market in Bali Ceria Tours and Travel. So, the point of this final paper is to give suggestion for Iranian tourist to creat interesting packages tour. Data collecting techniques are observation and interview with Bali Ceria Tours and Travel’s owner. The method of this final paper is qualitative. The result of the observation showed three reseach question. They are, How the tour reservation procedure for the Iranian tourist in Bali Ceria Tours and Travel, What is the most favorite atraction for Iranian tourist, and How is the right packages tour for Iranian tourist. The result of shows that Firstly, the tour reservation procedure for the Iranian tourist in Bali Ceria Tours and Travel is handling by three divi tion, they are General manager, Reservation staff of Iranian Market, dan Operation staff of Iranian Market. Secondly, the most favorite atraction based of the data on March 2017 (Nourooz seasons) is Bali Safari and Marine Park. Thirdly, the right tour
Kata Kunci : Bali Ceria Tours and Travel, Mushafir (wisatawan Iran) , paket wisata, Bali ceria Tours and Travel, Iranian tourist (Mushafir), and Tour Packages.